Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

01RAPAT KERJA TEKNIS PEMASYARAKATAN DI LINGKUNGAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM

PAPUA BARAT

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat (Anthonius M. Ayorbaba, SH., MSi) secara resmi membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (RAKERNIS) Pemasyarakatan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat tahun anggaran 2019. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Papua Barat, para Pejabat Administrator, Pengawas, JFT dan JFU di Divisi PAS serta turut hadir juga para Kepala Divisi pada Kantor Wilayah. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kanwil KemenkumHAM Papua Barat. Rabu, (06/03/2019).

Mengawali sambutannya KaKanwil (Anthonius) menyampaikan Pemasyarakatan dalam perubahan dan perkembangan saat ini dengan konsep yang dilakukan oleh ibu Dirjen Pemasyarakatan dengan Revitalisasi Pemasyarakatan, maka secara prinsip ada beberapa perubahan yang sangat substansial dalam perubahan organisasi dan kinerja pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Divisi Pemasyarakatan dan UPT Pemasyarakatan. Dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemasyarakatan, kita telah mengetahui ada beberpa masalah yang mendasar, masalah yang pertama adalah meningkatnya overcrowded pada semua LAPAS dan RUTAN yang berada di seluruh Indonesia termasuk juga yang berada di Papua Barat, yang kedua berkaitan dengan masalah regulasi, karena berbagai evaluasi, tuntutan dan perubahan kerja pada Pemasyarakatan dari waktu-kewaktu mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang ketiga bahwa permasalahan di pemasyarakatan yang berkaitan dengan SDM, persoalan SDM ini sudah diberikan solusinya dengan rekrutmen pegawai yang di tahun 2017 dan 2018 sebanyak 17.000 ribu lebih yang telah diterima dan khusus untuk Pemasyarakatan kurang lebih 14.000 ribu pegawai yang ditetapkan sebagai pegawai ASN Kementerian Hukum dan HAM dibawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

KaKanwil berharap, dengan diadakan Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan ini, harus ada evaluasi yang sangat komprehensif dan juga harus ada pemetaan yang riil terhadap semua UPT yang ada di Papua Barat. Sehingga proses ini akan memunculkan inovasi-inovasi baru pada Ka.UPT untuk melakukan progres pembinaan dan tentu ini juga harus dikembangkan dalam sebuah kolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Tingkatkan Sinergitas dan Kolaborasi yang terbaik lagi untuk mendorong perubahan dan kemajuan Pemasyarakatan untuk memastikan bahwa Pemasyarakatan di Papua Barat bisa maju dan memberikan kontribusi yang positif bagi Pemasyarakatan ditingkat nasional. Ucap KaKanwil.

Kepala Sub. Bidang Keamanan (G.N.A. Rumaikewi, SH., MH) selaku ketua panitia penyelenggaran menyampaiakan maksud dan tujuan diadakan kegiatan RAKERNIS ini untuk merangkum semua masalah-masalah yang terdapat pada semua UPT Pemasyarakatan, sehingga dapat mewujudkan pelaksaan tugas dan fungsi yang lancar, aman dan terarah pada setiap UPT Pemasyarakatan.

11111111111

HUMAS KEMENKUMHAM PABAR "PASTI BISA" (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)