CEGAH CORONA, LAPAS MANOKWARI KERJASAMA DENGAN DINKES BAGI VITAMIN KEPADA WBP DAN PETUGAS PENGAMANAN LAPAS

1

Manokwari - Dalam rangka melakukan pencegahan dan penanggulangan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari bersama petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Manokwari, pagi tadi (Jumat, 03/04/2020) telah melakukan pembagian vitamin kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Petugas Pengamanan Lapas yang terlaksana dan berjalan dengan baik.

Seperti yang diutarakan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Manokwari, Akhmad Herriansyah mengatakan bahwa pemberian vitamin ini bertujuan untuk menambah daya tubuh kepada WBP dan petugas Lapas untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

"pemberian vitamin ini untuk petugas maupun warga binaan yang minimal setiap satu minggu sekali dan kita (Lapas Manokwari) memilih hari Jumat untuk dilaksanakan. Jadi selama masa pencegahan covid ini, semua (WBP dan Petugas Lapas) kita berikan vitamin sebagai penambah daya tahan tubuh untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Virus itukan akan cepat menyerang kalau kita punya daya tahan tubuh yang kurang baik", ujar Kalapas via panggilan whatsapp.

Untuk mencegah mata rantai penyebaran Virus Corona di lingkungan Lapas Manokwari, Kalapas menegaskan bahwa telah menjalankan protokol kesehatan bagi setiap petugas lapas yang hendak memulai bertugas dan selama masa panceklik ini tidak menerima kunjungan dari pengunjung.

"kita telah terapkan protokol kesehatan untuk lapas kita (Lapas Manokwari). Setiap petugas yang masuk dan karena kita tidak menerima tahanan. Kita juga tidak menerima pengunjung. Jadi yang akses keluar hanya petugas, tapi masih ada titipan barang dan itupun kita upayakan untuk begitu mereka bawa barang kita ganti bungkusnya supaya lebih steril. Untuk petugas sendiri begitu masuk kantor harus mencuci tangan terlebih dahulu, masuk box steril dan memakai masker", tegas Kalapas mengenai protokol kesehatan yang telah dilakukan diunit kerjanya dalam mencegah penyebaran Virus Corona.

Kalapas berharap mudah-mudahan Manokwari bisa terus menjaga lingkungannya sehingga tidak ada lagi yang warganya yang positif terjangkit Virus Corona.

Kegiatan pembagian vitamin kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Petugas Pengamanan Lapas ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Nomor: PAS-20.PK.01.01 Tahun 2020 tentang Langkah Progresif Dalam Penanggulangan Penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) pada Unit Pelaksana Teknis yang ada di Indonesia.

Ketika dimintai tanggapan terkait kegiatan pembagian vitamin kepada WBP dan Petugas Pengamanan Lapas Manokwari, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Asep Sutandar dalam pesan whatsapp yang diterima, Kadivpas mengatakan bahwa pemberian vitamin bagi WBP dan Petugas Pengamanan merupakan bentuk pelayanan kesehatan dan menjaga imun tubuh para WBP agar tetap sehat tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa hal ini juga merupakan salah satu cara pencegahan terhadap penularan Virus Corona (Covid-19) yang saat ini sedang mewabah. Pemberian vitamin ini menjadi kebutuhan penting bagi kesehatan tubuh.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

#KumhamPasti

2    22

Cetak