WUJUDKAN PENGHUNI LAPAS YANG BERSIH DAN SEHAT, LAPAS MANOKWARI BAGIKAN PERLENGKAPAN MANDI SECARA BERKALA KEPADA WARGA BINAAN

1

Manokwari (09/04/2020) - Mewujudkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bersih dan sehat merupakan komitmen setiap lapas di Indonesia dalam memberikan layanan kebutuhan dasar kepada warga binaan.

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang berada dibawah naungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari pada hari Rabu (08/04) kemarin telah melaksanakan kegiatan pembagian perlengkapan mandi berupa sabun mandi, pasta gigi dan sabun cuci pakaian kepada warga binaan yang ada di Lapas Manokwari.

Dalam penuturannya melalui panggilan telepon, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari, Akhmad Herriansyah mengatakan bahwa pemberian perlengkapan mandi yang dilakukan tiap bulan secara berkala ini oleh Lapas Manokwari bertujuan untuk menciptakan kebersihan dan kesehatan bagi warga binaan.

"Minimal tiap bulan memang kita (Lapas Manokwari) bagikan perlengkapan mandi. Jadi setiap orang (warga binaan) di lapas akan mendapatkan sabun mandi, pasta gigi dan sabun cuci pakaian. Sebelumnya setiap kamar kita sudah berikan sabun pencuci tangan (detol) untuk membiasakan hidup bersih bagi warga binaan terutama terkait penyebaran Covid-19 belakangan ini.", ujar Kalapas.

Ketika ditanyakan terkait mekanisme pembagian perlengkapan mandi kepada WBP, beliau menjelaskan bahwa pembagian ini dilakukan dengan cara memanggil setiap kepala-kepala kamar yang kemudian perlengkapan mandi ini diteruskan kepada masing-masing WBP yang ada di kamar.

"kita (Lapas Manokwari) melakukan pembagian itu dengan dengan memanggil kepala-kepala kamar dan mengabsen berapa jumlah warganya dikamar. Kita bagikan kepada kepala kamar untuk diteruskan ke semua warga binaan di dalam kamar.", jelas Kalapas tentang mekanisme pembagian perlengkapan mandi kepada warga binaan.

Dalam menggalakan aksi pembagian perlengkapan mandi ini, Kalapas dibantu secara langsung oleh petugas perawatan, KPLP dan petugas lainnya.

Beliau berharap dengan adanya kegiatan pembagian perlengkapan mandi bagi WBP dan sejumlah protokol kesehatan yang telah dilakukan oleh jajarannya dapat menciptakan lingkungan Lapas Manokwari yang bebas dari pandemi Covid-19.

"kita berharap dan berdoa, semoga Lapas Manokwari terhindar dari pandemi Covid-19 dengan berbagai upaya tentunya. Disamping membudayakan hidup bersih, kita berikan perlengkapan secukupnya seperti tempat cuci tangan, box steril dan segala macamnya. Petugas juga kita wajibkan menggunakan masker setiap kali datang ke kantor. Setiap hari Jumat kita telah bagikan vitamin kepada petugas, pegawai dan warga binaan. Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan penyemprotan disenfektan lagi dan sudah berkerjasama untuk menyiapkan bahan-bahan nya.", harap Kalapas.

Ketika dimintai tanggapan secara langsung di ruang kerjanya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba mengatakan bahwa
pemberian perlengkapan mandi di UPT itu sudah menjadi kewajiban yang harus diberikan oleh UPT kepada warga binaan.

Kakanwil berharap pembagian perlengkapan mandi ini dapat digunakan dengan baik oleh setiap warga binaan dan meminta kepada warga binaan untuk tidak berbagi alat mandi ke sesama warga binaan lainnya yang dapat menimbulkan penularan berbagai penyakit.

"saya berharap pemberian perlengkapan mandi ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan semua warga binaan bisa menggunakan untuk kesehatan mereka di dalam lapas itu sendiri",

Kakanwil juga meminta dengan tegas kepada WBP untuk menggunakan perlengkapan mandi yang telah dibagikan sesuai dengan fungsinya dan meminta kepada petugas lapas untuk memberikan perhatian dan pengawasan yang serius kepada para WBP apabila ditemui hal-hal yang mencurigakan.

"Tentu dengan pemberian perlengkapan mandi itu jangan sampai di salah gunakan untuk hal-hal yang berdampak negatif. Misalnya sikat gigi yang dipakai untuk hal-hal yang tidak diketahui", tegas Kakanwil.

Kakanwil juga sangat mengapresikan tentang pembagian jalur air di Lapas Manokwari dengan membangun bak penampungan air yang digunakan untuk kepentingan pelayanan kebutuhan air bagi warga binaan.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

#KumhamPasti

222


Cetak   E-mail