Jalan Santai Hari PAS

JALAN SANTAI MENYAMBUT

HARI BHAKTI PEMASYARAKATAN KE-49

 

Jalan santai PAS1

 

    Manokwari – Keluarga besar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat yang berada di Manokwari berkumpul bersama di Balai Pemasyarakatan Klas I Manokwari pada hari Jumat, 12 April 2013 untuk mengadakan Apel Pembukaan Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-49. Apel Pembukaan Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat (Drs. Rosman Siregar, SH., MH.) dan diikuti sebagian besar pegawai dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat yang berada di Manokwari yakni: Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Kanim Klas II Manokwari, Lapas Klas IIB Manokwari, Bapas Klas I Manokwari, dan Rupbasan Klas II Manokwari beserta keluarganya dan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2012 di Lingkungan Kanwil Hukum dan HAM Papua Barat.

       Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat dalam sambutannya mengatakan bahwa pembinaan terhadap warga binaan yang sejak tahun 1964 berlandaskan pada sistem pemasyarakatan hendaknya berfungsi untuk menyiapkan warga binaan untuk dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab. Beliau juga berharap agar pada peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan tahun ini dengan tema “Membangun Pemasyarakatan yang Bersih dan Melayani” hendaknya dijadikan sebagai momentum dalam rangka mensukseskan program bebas dari HALINAR (Handphone, Pungli, dan Narkoba) untuk terciptanya pemasyarakatan yang bersih dan melayani.

    Disamping itu, beliau menyampaikan agar seluruh pegawai UPT Pemasyarakatan dapat mengikuti Lomba menulis Kisah yang diadakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dengan tajuk “Surat kepada Bapak Menteri Hukum dan HAM” yang mengisahkan tentang pengalaman, suka dan duka atau tantangan dalam pelaksanaan tugas di Lingkungan Pemasyarakatan.

 Di akhir apel, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat menyerukan yel-yel pemasyarakatan diikuti oleh peserta apel dengan bunyi:

                             Pemasyarakatan!          : Semangat!

                             Semangat!                        : Siap!

                             Siap!                                   : Semangat!

                                      Go Pemasyarakatan!       : Semangat Siap Yes! Yes! Yes!

 

Jalan santai PAS2

 

   Seusai apel pembukaan tersebut, rangkaian kegiatan pada hari itu dimulai dengan jalan santai. Jalan santai ini kembali dipimpin oleh Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Rute jalan santai dimulai dari Balai Pemasyarakatan Klas I Manokwari dan berakhir di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat yang jaraknya ±2,5 km.

    Sekitar 200 meter sebelum garis finish di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, peserta jalan santai dibagikan kupon undian/door prize oleh Panitia Hari Bhakti Pemasyarakatan. Potongan undian kemudian dikumpulkan di pintu gerbang Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat untuk kemudian diundi pada akhir rangkaian kegiatan.

               Rangkaian kegiatan berikutnya adalah perlombaan yel-yel antar CPNS yang telah dibagi dalam 4 kelompok. Yel-yel yang diciptakan harus merupakan yel-yel untuk pemasyarakatan.

 

Jalan santai PAS3

 

     Tarian Yospan menjadi kegiatan yang dinanti-nantikan oleh seluruh peserta pada kegiatan di hari Jumat tersebut. Tarian ini dilakukan dengan diiringi lagu Papua yang didendangkan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Anthonius M. Ayorbaba, SH., M.Si)

    Menutup rangkaian kegiatan pada Jumat pagi itu, panitia membagikan ±30 (tiga puluh) hadiah hiburan berupa Baju kaos dan berbagai peralatan rumah tangga serta 6 (enam) hadiah utama berupa 1 buah Handphone, Magic Com, kipas angin, jam tangan dan 2 buah setrika. Baik hadiah hiburan maupun hadiah utama merupakan sumbangan dari pejabat di Lingkungan Kanwil Hukum dan HAM Papua Barat yang berada di Manokwari. (Humaslap_kanwilPabar).

 

Cetak