Rangkaian Upacara Memperingati HUT RI Ke-69

17san3Manokwari –Upacara memperingati Dirgahayu HUT RI Ke-69 yang jatuh pada Hari Minggu, 17 Agustus 2014 dilaksanakan di halaman Kantor Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Manokwari. Pelaksanaan upacara tersebut diikuti oleh seluruh pegawai di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat se- Kota Manokwari. Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papau Barat (Sumantri Sihite , S.H., M.AP) bertindak sebagai Inspektur upacara.

Selepas upacara, Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat bersama pegawai Unit Pelaksana Teknis dan pegawai Kanwil Kemenkumham Papua Barat kemudian bergerak menuju Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari untuk mengikuti Upacara Pemberian Remisi Kepada Narapidana dan Anak Pidana pada peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-69 yang dipimpin oleh Bupati Manokwari (Dr. Bastian Salabai).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat (Ilham Djaya, SH., M.Pd.) berserta Plt. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari (Kornelles Rumboirusi.Bc.IP, SH.) menyerahkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI tentang Pemberian Remisi Umum I, Remisi Umum II dan Remisi terkait PP No. 99 Tahun 2012 Kepada Bupati Manokwari untuk diserahkan langsung kepada 2 (dua) orang Narapidana yang dinyatakan bebas.

“Remisi merupakan instrumen yang dapat mendorong narapidana untuk berperilaku baik selama menjalani pidana. Karena remisi hanya akan diberikan kepada narapidana yang berperilaku baik. Mereka yang melakukan pelanggaran peraturan tata tertib tidak akan mendapat remisi.” Kata Menteri Hukum dan HAM dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Manokwari.

 Rentetan kegiatan pada HUT RI Ke-69 dan Upacara Pemberian Remisi bagi Narapidana dan Anak Pidana Tahun 2014 diakhiri dengan pertandingan final tarik tambang pada Lapas Kelas IIB Manokwari. Penyerahan hadiah bagi pemenang lomba tarik tambang dilakukan oleh Bupati Manokwari didampingi Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. (Humaslap_kanwilPabar)


Cetak   E-mail