RANHAM

RAPAT KOORDINASI DAN PELAKSANAAN RANHAM PANDA TINGKAT I   

RANHAM1                           


     Manokwari, 03-04 April 2012 bertempat di Billy Jaya Hotel, Jalan Merdeka Manokwari telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dan Pelaksanaan RANHAM Panda Tingkat I, yang di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat DEMIANUS RUMBAIK, SH. Peserta berjumlah 50 orang yang berasal dari Instansi lain terkait sebanyak 47 orang dan 3 orang staf berasal dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Sedangkan untuk para Narasumber adalah Wafik Wuryanto, SH (Kepala Biro Hukum Provinsi Papua Barat), Drs. Yunus Bowari (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat) dan Ir. Danartono (Bappeda).                                                  

  Dalam kesempatan tersebut dijelaskan oleh para Narasumber bahwa RANHAM adalah Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Indonesia yang disusun sebagai pedoman pelaksanaan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan dan penegakkan HAM di Indonesia. Sedangkan tujuan pembentukan RANHAM adalah untuk meningkatkan Penghormatan, Pemajuan, Pemenuhan, Perlindungan dan Penegakkan HAM di Indonesia dengan tujuan utama yaitu mendorong terciptanya masyarakat adil, makmur, cerdas dan berbudaya HAM dengan mempertimbangkan nilai-nilai agama, moral, adat istiadat, budaya, kemanusiaan dan ketertiban Bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

     Pada akhir kegiatan tersebut diharapkan agar para peserta Rakor lebih dapat memahami dan mengerti bagaimana pelaksanaan Ranham yang tepat dan benar sehingga tujuan pembentukan RANHAM dapat tepat sasaran.

RANHAM2

 


Cetak   E-mail