Sosialisasi dan Promosi pada SMA Negeri 1 Manokwari

sosialisasi promosi SMA            sosialisasi promosi SMA2

Manokwari – Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat menyelenggarakan Sosialisasi dan Promosi Hak Kekayaan Intelektual bagi siswa Sekolah Menengah di Kabupaten Manokwari. Kegiatan ini dijadwalkan untuk diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 15 s/d 17 Mei 2013 di 3 (tiga) Sekolah Menengah Atas/Kejuruan di Kabupaten Manokwari.

Kegiatan Sosialisasi ini kali pertama diselenggarakan di Aula SMA Negeri 1 Manokwari. Kepala Bidang Pelayanan Hukum (Max Wambrauw, SH., MH.) membuka Sosialisasi dan Promosi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sekaligus menjadi moderator kegiatan. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa guru dan Siswa kelas 3 IPA SMA Negeri 1 Manokwari.

3 (tiga) orang narasumber memberikan pengarahan pada kegiatan tersebut yakni: Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Papua Barat (Drs. Rosman Siregar, SH., MH.), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Abner Banosro, SH., MH.), dan Kepala Seksi Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat (Benyamin Tampang, SH.).

 sosialisasi promosi SMA3

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Papua Barat memberikan Pengarahan antara lain mengenai Hak Cipta, Merek, Paten, dan Desain Industri. Dalam pengarahnnya, beliau menjelaskan pengertian dari Hak Cipta, Merek, Paten, serta bentuk karya cipta atau penemuan apa saja yang tergolong dalam hak-hak tersebut, jangka waktu perlindungan serta tata cara yang harus dilakukan atau dilengkapi dalam mengajukan suatu permohonan yang berhubungan dengan Hak Kekayaan Intelektual.

 

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM memberikan pengarahan seputar visi dan misi, tugas pokok serta Organisasi dan Tata Kerja (ORTA) Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat.

 

Pengarahan terakhir diberikan oleh Kepala Seksi Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat. Beliau memberi pengarahan mengenai tugas-tugas dan pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Selain itu beliau juga menjelaskan mengenai pembinaan kelompok usaha industri yang ada di Manokwari serta Visi dan Misi Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah.

 

Disamping kegiatan tersebut, juga dibuka pameran buku-buku bertema hukum yang digelar dengan menggunakan kendaraan operasional penyuluhan hukum keliling. (Humaslap_kanwilPabar)

 


Cetak   E-mail