Sosialisasi TNDE

Manokwari – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat (Drs. Rosman Siregar, SH., MH.) membuka Sosialisasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) Instansi Pemerintah didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat pada hari Kamis, 20 Juni 2013.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau mendukung kegiatan Sosialisasi tersebut dan mengharapkan agar peserta Sosialisasi dapat memahami penggunaan dan mengaplikasikan aplikasi TNDE meskipun sarana dan prasarananya masih terbatas.

Kepala Sub Bagian Kepegawaian (Enggelina Hukubun, Amd.IP., SH.) menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut setelah beliau mengikuti pelatihan dari Biro Umum Kementerian Hukum dan HAM RI selama 3 (tiga) hari di Jakarta. Peserta dalam Sosialisasi yakni Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Operator aplikasi TNDE pada setiap UPT.

Tujuan pelaksanaan Sosialisasi TNDE yakni tercapainya penggunaan TNDE secara terpadu dan dapat diterapkannya TNDE untuk proses surat masuk, surat keluar serta disposisi.


sosialisasi TNDE sosialisasi TNDE2

Sebelum menyampaikan materinya, beliau mengatakan bahwa TNDE merupakan salah satu penerapan dari 9 (sembilan) pilar Reformasi Birokrasi yang harus segera dilaksanakan meskipun dalam tahapan ini masih pada tingkat Eselon I dan II namun kedepannya akan disempurnakan, agar setiap atasan langsung dilengkapi dengan password sehingga diharapkan semua atasan langsung dapat mengoperasikan komputer dan internet. Beliau juga menambahkan bahwa untuk saat ini hanya Kepala Kantor Wilayah dan Kepala UPT yang memiliki ID dan password. ID dan password ini diperoleh dari Biro Umum Kementerian Hukum dan HAM RI.

 Materi yang disampaikan pada hari itu yakni berupa alur persuratan dari pusat hingga ke UPT.

      Setelah menyampaikan materinya, satu persatu Operator dari UPT dipanggil untuk mempraktekkan penggunaan aplikasi TNDE. (HumaslapPB_Lin)

Cetak   E-mail