UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-109 TAHUN 2017

Harkitnas 109

Manokwari, Senin 22/05/2017 dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-109 Tahun 2017 diselenggarakan Upacara Bendera bertempat di Halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Upacara tersebut dipimpin langsung Plh. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum da HAM Papua Barat (Drs. Manus Johnly, SH., MH). dan dihadiri Unit Pelaksana Teknis antara lain Bapas Klas I Manokwari, Rupbasan Klas I Manokwari, Lapas Klas IIb Manokwari dan Imigrasi Klas II Manokwari. Pelaksanaan Upacara tersebut dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor 2178/A.A3/SE/2017 tanggal 16 Mei 2017, tentang pelaksanaan upacara bendera peringatan hari Kebangkitan Nasional ke -109 tahun 2017.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan Plh. Kepala Kantor Wilayah mengatakan “Semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar, namun justru semakin menunjukan urgensinya bagi kehidupan berbangsa kita hari-hari ini. Padahal semangat itu sudah tercetus setidaknya 109 tahun yang lalu, yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Kebangkitan nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Betapa tak mudahnya para pendahulu merajut angan keindonesiaan saat itu, ketika infrastruktur transportasi dan komunikasi masih terbatas, ketika sumber daya insani yang teguh dengan pemikiran keindonesiaan masih dapat dihitung dengan jari, ketika acuab untuk memperoleh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat masih belum mengakar kuat, ketika semuanya itu berada dalam konteks ketakutan akan kekejaman kolonialis yang siaga memberangus setiap pemikiran yang memantik hasrat lepas dari belenggu penjajahan”. (Humaslap_kanwilPabar)


Cetak   E-mail