SOSIALISASI LAYANAN PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA ONLINE

sosialisasi Fidu online

Manokwari (18/05) – Sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari Perbankan, Lembaga Pembiayaan, dan Notaris di wilayah Papua Barat mengikuti Sosialisasi Layanan Pendaftaran Jaminan Fidusia Online yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat di Swiss Bell Hotel Manokwari. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM tersebut (Agus Soekono) dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2017.

Kakanwil Kemenkumham Papua Barat dalam sambutannya mengatakan bahwa Kementerian Hukum dan HAM terus memberikan inovasi yang baru terkait dengan pelayanan publik. Sistem Pendaftaran Jaminan Fidusia secara online ini akan membawa dampak positif, pelayanan fidusia akan lebih cepat, mudah, murah dan nyaman. selain itu, pendaftaran jaminan fidusia secara online juga akan meningkatkan PNBP dan penghematan pengeluaran biaya negara, juga mempermudah pelaku bisnis yang membutuhkan keamanan dalam menjalankan usahanya seperti bank dan lembaga pembiayaan.

Adapun narasumber pada kegiatan tersebut berasal dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM yakni: Yudi Yuliadi, SH. MH. (Kasubid Fidusia dan Pelaporan) dan Kanwil Kemenkumham Papua Barat: Bambang Setyabudi, SH. MH. (Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM).

Salah satu narasumber, Yudi, mengucapkan bahwa pelayanan fidusia secara online sebagai langkah konkret pembaharuan yang akan memberikan kontribusi positif terhadap penguatan sistem jaminan benda bergerak Indonesia.

“Potensi fidusia perlu dipahami lebih dari sekedar instrumen untuk mendaftarkan jaminan kendaraan bermotor, namun sebagai alat untuk mendukung akses kepada pendanaan secara komprehensif supaya potensi optimal fidusia dapat dicapai untuk menciptakan kepercayaan publik terhadap instrumen fidusia” terang Yudi. (pphti_pabar)


Cetak   E-mail