PELAJAR SMA IKUTI KEGIATAN TEMU SADAR HUKUM BERSAMA WARGA

TSH wosi

Manokwari (30/01) – Sebanyak 50 orang yang terdiri dari masyarakat Kelurahan Wosi dan pelajar SMA Negeri 2 Manokwari mengikuti kegiatan Temu Sadar Hukum Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua Barat. Kegiatan yang bertemakan Pelayanan dan Penegakan Hukum Pasti Nyata tersebut dilaksanakan di Kantor Kelurahan Wosi.

Kepala Kantor Kelurahan Wosi (Yosua Burwos) yang juga turut mendampingi dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi yang sebesa-besarnya atas pelaksanaan kegiatan yang tentunya dipercaya dapat meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan rasa sadar hukum masyarakat.

Tidak berbeda dengan materi yang telah disampaikan bagi masyarakat Kelurahan Anday, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Bambang Setyabudi) selaku narasumber menyampaikan materi tentang Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Menurut Bambang Kekerasan Dalam Rumah Tangga seringkali dialami oleh kaum yang dianggap lebih lemah yakni perempuan dan anak-anak. Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa KDRT dewasa ini semakin marak terjadi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor ekonomi dan tekanan yang dihadapi.

Sebelum mengakhiri materinya, Bambang menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang hadir untuk melaporkan apabila terjadi tindak pelanggaran hukum khususnya KDRT kepada pihak yang berwenang agar korban mendapatkan perlindungan dan pelaku akan diberikan hukuman sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (pphti_pabar)


Cetak   E-mail