Laksanakan Pelatihan Dasar - CPNS KANWIL KUMHAM PAPUA BARAT CIPTAKAN TUNAS PENGAYOMAN YANG PROFESIONAL DAN BERINTEGRITAS

Latsar opening

 

Manokwari (27/06) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2017 bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua Barat (Rabu, 27 Juni 2018). 

Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Kepala Pusat Diklat Teknis dan Kepemimpinan (BPSDM Kemenkumham RI), Kepala BPSDM Provinsi Papua Barat, Para Kepala Divisi, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis yang berada di Kota Manokwari, serta Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat (Agus Soekono, Bc.IP., SH.) dalam sambutannya mengatakan bahwa pada Latsar  ini, para Tunas Pengayoman akan dibekali dengan berbagai ilmu sehingga dapat menjadi aparatur sipil negara yang profesional dan berintegritas. 

Pelaksanaan Latsar di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI telah dibuka secara Nasional tgl 25 April 2018 oleh Menteri Hukum dan HAM (Yasona H. Laoly). Namun Kanwil Papua Barat sendiri baru memulai pelaksanaannya pada hari ini (27 Juni 2018). Hal ini disebabkan jumlah CPNS di lingkungan Kantor Wilayah Papua Barat hanya sebanyak 176 orang. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan kantor wilayah lainnya yang jumlah CPNS-nya lebih banyak sehingga pelaksanaan Latsarnya dibagi menjadi beberapa gelombang. Adapun rincian alokasi CPNS di Lingkungan Kanwil Papua Barat adalah sebagai berikut:

UPT

Alokasi CPNS

Jumlah

Keterangan

Laki-laki

Perempuan

Lapas Kelas IIB Manokwari

16

2

18

SMA

(Golongan II)

Lapas Kelas IIB Sorong

16

4

20

Lapas Kelas IIB Fakfak

14

4

18

LPKA Kelas II Manokwari

8

1

9

LPP Kelas III Manokwari

25

3

28

Rutan Kelas IIB Bintuni

10

40

50

Total SMA

 

 

143

Kanim Kelas II Manokwari

4

-

4

SARJANA

(Golongan III)

Kanim Kelas II Sorong

11

-

11

Bapas Kelas I Manokwari

9

1

10

Bapas Kelas I Sorong

8

-

P8

Total Sarjana

 

 

33

TOTAL SMA + SARJANA

 

 

176

 

Latsar CPNS dengan kurikulum pembentukan karakter dilaksanakan selama 113 hari dengan incian sebagai berikut:

No

Kegiatan

Waktu pelaksanaan

1.

Klasikal

27 Juni s/d 31 Juli 2018 (30 hari)

2.

Non Klasikal

02 Agustus s/d 06 Nopember 2018 (80 hari)

3.

Klasikal

08 s/d 10 Nopember 2018 (3 hari)

           “ASN di era Reformasi Birokrasi bukanlah sebagai priyayi atau juragan yang selalu ingin dilayani, sebaliknya justru sebagai pelayan masyarakat”, hal ini diungkapkan Agus Soekono terkait dengan Tema Latsar kali ini.  

            Dalam acara pembukaan tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM oleh Kepala UPT yang disaksikan oleh Ombudsman. (humaslap-kanwilpabar)

Latsar opening2

 

Cetak