Gedung LPKA Manokwari diresmikan oleh Menteri Yasonna Laoly

Manokwari (30/1) - Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Manokwari (LPKA Manokwari) yang berlokasi di Kampung Wasay, Kelurahan Anday, Distrik Manokwari Selatan kini telah resmi beroperasi. Hal tersebut ditandai dengan ditandatanganinya prasasti peresmian gedung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, di Aula Kantor Gubernur Provinsi Papua Barat.

Pendatanganan prasasti disaksikan pula oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat (Anthonius M. Ayorbaba) dan Gubernur Provinsi Papua Barat (Dominggus Mandacan).

Menteri LPKA 3

Pembangunan LPKA Manokwari terwujud berkat kerjasama dan bantuan dari Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat yang telah menghibahkan tanah seluas 15 Hektar kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Tanah tersebut dialokasikan untuk pembangunan 3 Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan yakni LPKA Manokwari, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Manokwari, dan relokasi Lembaga Pemasyaakatan Kelas IIB Manokwari.

LPKA Manokwari sendiri berdiri diatas tanah seluas tiga hektar dan direncanakan tahun ini (2019) akan dibangun Gedung Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Manokwari. Sedangkan untuk relokasi Lapas Manokwari masih menunggu penyelesaian sertifikat tanah.

Menteri LPKA 1

Kepala LPKA Manokwari, Yulius Paath, menjelaskan bahwa pembangunan Gedung baru LPKA Manokwari dapat menampung kapasitas hunian untuk 42 anak binaan. Diharapkan ke depan, seluruh Lapas/Rutan yang ada penghuni anak agar dapat memindahkan ke LPKA Manokwari. Dengan demikian anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) dapat dibina sesuai kebutuhan anak secara optimal. (Humas_KumhamPabar)

Menteri LPKA 2


Cetak   E-mail