31 Warga Binaan LP Manokwari Peroleh Sertifikat Konstruksi

swiss lpjk

Manokwari (04/03) – Sebanyak 31 warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari peroleh Sertifikat Konstruksi. Jika dipersentasekan dari jumlah peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, 99 % warga binaan yang lulus dinyatakan lulus pelatihan (31 dari 32 peserta). Sertifikat ini diperoleh usai mengikuti pelatihan tukang batu dan tukang kayu selama ± 3 hari (28 Februari s/d 02 Maret 2019) dan memperoleh penilaian oleh tim asesor dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Papua Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dari Kepala Balai dan Ketua LPJK “Hal ini akan kita tindak lanjuti untuk kita dapat melakukan pelatihan pembinaan bagi para pegawai selama 12 hari.” Ucap Anthonius. Lebih lanjut disampaikan, dua kegiatan akan kita laksanakan yaitu yang berkaitan denga listrik dan las untuk Lapas Sorong akan dilaksanakan 18-21 Maret 2019.

Yulianus Rombe, ST., M.Eng. mewakili Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Papua Barat (LPJK-PB) mengatakan menyambut baik rencana tindak lanjut kerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura memfasilitasi semua karena UU Nomor 2 Tahun 2017 mewajibkan setiap tenaga konstruksi wajib bersertifikat. “Warga Binaan yang kedepannya akan keluar, mereka keluar dengan sertifikat, mereka bisa bekerja jadi mereka tidak terkucilkan lagi karena mereka telah bersertifikat. Untuk las dan kelistrikan tujuannya adalah pegawai Lapas yang kita berikan pelatihan supaya menjadi instruktur yang melatih warga binaan. Setelah meeka terlatih, kami akan memberikan assessment.” Jelasnya.

Sementara itu, Martinus Napa, ST. dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin. “Kerjasama ini sebenarnya sudah dimulai dari tahun lalu dari Lapas Fakfak, kemudian di tahun ini di lapas-lapas yang lain.” Ucap Martinus.

Kegiatan pembinaan dan pelatihan ini diharapkan dapat dilakukan di seluruh UPT Pemasyarakatan wilayah Papua Barat sehingga warga binaan yang keluar dari lapas dengan memperoleh nilai tambah. (humas_kumhampabar)


Cetak   E-mail