Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

web UAPPAW3

Manokwari (24/07) Laporan Keuangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham Pabar) berhasil meraih penghargaan terbaik pertama dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua Barat (DJPb).

Sumiaji (Kepala Sub Bagian Keuangan dan BMN Kanwil Kemenkumham Papua Barat) menerima penghargaan yang diberikan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua Barat (Arif Wibawa) saat pembukaan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat  Unit Akuntansi Pengguna Anggaran Tingkat Wilayah (UAPPA–W) Semester I Tahun 2019 pada hari Selasa kemarin (23/07) di Kanwil DJPb Manokwari.

Penghargaan tersebut diberikan atas kualitas laporan keuangan UAPPA W Tahun 2018 di lingkup Provinsi Papua Barat. Kanwil Kemenkumham Pabar  berhasil menyusun Laporan Keuangan Tingkat UAPPA W Tahun 2018 dengan kualitas tertinggi dengan nilai 94,62%  melampaui instansi lainnya yakni Kanwil DJPb Provinsi Papua Barat dengan nilai 93,08%, Stasiun Koordinator Wilayah Papua Barat dengan nilai 92,31%, Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri di Manokwari dengan nilai 91,54% dan Pengadilan Agama Manokwari dengan nilai 90,77%.

web UAPPAW

Arif Wibawa dalam sambutannya mengatakan bahwa ada 13 penilaian yang dilakukan dalam pemberian penghargaan ini antara lain: kelengkapan LK, kesesuaian dengan e-rekon LK, kesesuaian dengan saldo awal tahun lalu, kesesuaian persamaan dasar akuntansi, neraca percobaan akrual, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca, telaah antar LK, telaah kesesuaian dengan LK, laporan Realisasi Anggaran, Tindak Lanjut Temuan BPK, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

“Kami ucapakan selamat atas pencapaian luar biasa yang telah Bapak/Ibu raih dalam penyajian Laporan Keuangan UAPPA -W Tahun 2018 yang berkualitas dan semoga hal ini dapat menjadi motivasi bagi Bapak/Ibu yang lain dalam kesempatan kali ini belum memperoleh penghargaan tersebut untuk kedepannya kegiatan ini akan terus kami lakukan untuk mendorong peningkatan kualitas laporan keuangan tingkat UAPPA-W  yang dihasilkan periode mendatang”,  kata Arif Wibawa.

Penghargaan tersebut oleh Sumiaji diserahkan kepada Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Pabar (Sirajuddin) yang kemudian diteruskan kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Pabar (Anthonius M. Ayorbaba) pada pelaksanaan apel pagi hari Rabu (24/07).

Ayorbaba dalam arahannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas pencapaian terbaik yang diberikan oleh seluruh pihak yang terkait khususnya operator keuangan dalam menyusun Laporan Keuangan dan mengelola keuangan sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga memperoleh nilai tertinggi dibandingkan 156 OPD lainnya yang berada di Provinsi Papua Barat.

Menurutnya, optimisme yang tinggi patut dijadikan pemacu dalam memberikan kinerja terbaik dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

“Aplikasi keuangan yang digunakan secara online menyatakan bahwa Kanwil Kemenkumham Papua Barat tidak tertinggal dengan lainnya. Kita harus optimis dan tunjukkan bahwa Kanwil Papua Barat PASTI BISA, Bersih, Inspiratif, Santun, dan Amanah.”  ucap Ayorbaba.

Beberapa hal juga disampaikan oleh Ayorbaba dalam apel tersebut antara lain:

  1. Pelaksanaan apel yang salah satuya menjadi tolak ukur kedisiplinan ASN;
  2. Pengurusan cuti ASN yang menjadi hak ASN namun harus dilaksanakan sesuai dengan proses dan meningkatkan kinerja dengan bekerja secara teamwork karena untuk memberikan prestasi terbaik, kerjasama yang baik antara staf dan pejabat sangat diperlukan;
  3. Kerjasama dengan Yayasan Caritas (STIE Bintuni di Manokwari) terkait dengan pengmbangan kompetensi pegawai (kuliah tingkat S1 dan S2) harus digunakan dengan sebaik-baiknya guna menunjang tugas dan fungsi sserta karir pegawai di masa mendatang.
  4. Kanwil Pabar mendapat penghargaan eksternal lainnya yakni dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Arfak dalam proses Indikasi Geografis kopi Anggi yang saksikan oleh Deputi Bank Indonesia dan Direktur Indikasi Geografis Kemenkumham RI.
  5. Inspeksi Mendadak (Sidak) akan dilakukan oleh Kakanwil untuk memantau dan  mengevaluasi kinerja ASN.

Mengakhiri arahannya, Ayorbaba mengajak seluruh ASN Kanwil Pabar untuk bersama-sama mewujudkan Kanwil Pabar PASTI BISA.

HUMAS KEMENKUMHAM PABAR "PASTI BISA" (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

web UAPPAW2