Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

WhatsApp Image 2019 08 13 at 09.34.11Manokwari, 20/08/2019. –Bertempat diruang kerja Gubernur Provinsi Papua Barat (Dominggus Mandacan), Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) Papua Barat (Anthonius. M. Ayorbaba) beraudiensi dengan Gubernur Papua Barat terkait dengan upacara Pemberian Remisi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari bagi Narapidana Se-Papua Barat yang akan digelar bertepatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Turut hadir mendampingi bapak Gubernur dalam pertemuan tersebut yakni penasehat Hukum Gubernur (Demianus Waney).

Pada pertemuan tersebut KaKanwil meminta kesediaan Bapak Gubernur untuk berkenan hadir untuk memberikan remisi bagi Narapidana se-Papua Barat di Lapas Kelas IIB Manokwari, berdasarkan komunikasi tersebut, bapak Gubernur menyampaikan bersedia untuk menghadiri kegiatan yang dimasud.

KaKanwil menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada bapak Gubernur, yang memberikan perhatian dan dukungan bagi Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Kantor Wilayah Papua Barat bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) baik Pemasyarakatan dan Imigrasi.

Selain itu KaKanwil bersama dengan penasehat hukum Gubernur melaporkan tentang permasalahan sengketa Lambang Daerah Provinsi Papua Barat yang sudah diupayakan mediasi oleh Kanwil KemenkumHAM Papua Barat tetapi juga yang berproses di Pengadilan,

Selanjunta Gubernur meminta agar sengketa Lambang Daerah ini dapat diselesaikan dengan mekanisme yang sudah berjalan di pengadilan tetapi juga upaya-upaya lain yang telah dilakukan oleh Kanwil KemenkumHAM terhadap pihak-pihak yang bersengketa.

Gubernur juga berharap penyelesaian masalah sengketa Lambang Daerah ini dapat diselesaikan dengan baik, sehingga pada pelaksanaan hari ulang tahun Provinsi Papua Barat pada tanggal 12 Oktober 2019, harapan Pemerintah Provinsi Papua Barat, sertifikat Hak Cipta bagi pencipta Lambang Daerah baik dari unsur masyarakat dan Pemerintah Daerah telah mendapat dukungan dari Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Selain itu Gubernur juga berharap,tentu akan ditindaklanjuti oleh KaKanwil dan penasehat hukum pemerintah daerah, untuk berkomunikasi dengan para pihak sehingga penanganan penyelesaian sengketa lambang daerah ini bisa diselesaikan dengan baik.

Diakhir Pertemuan, KaKanwil menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur, karena telah membantu Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Manokwari untuk mengirim 2 (dua) Narapidana bersama Kepala LPKA dan pegawai dalam mengikuti Jambore Narapidana se-Indonesia yang di pusatkan di LPKA Tanggerang. Tentu dukungan yang diberikan pemerintah daerah ini menjadi wujud yang harmonis dalam koordinasi yang kita lakukan.

Beberapa tugas-tugas yang ada pada Kementerian Hukum dan HAM yang dilakukan di Kantor Wilayah, juga mendapat apresiasi dan dukungan dari pemerintah daerah seperti yang telah dilakukan baik kegiatan-kegiatan bidang yankum, bidang keimigrasian melalui pelayanan mobile paspor dan tentu kegiatan-kegiatan yang di bidang Pemasyarakatan dalam pembinaan-pembinaan yang dilakukan.

Dukungan Pemerintah daerah ini, tentu menjadi harapan yang baik  dan juga harus terus dilakukan untuk mendorong percepatan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Papua Barat, teristimewa juga disisi pembuatan beberapa regulasi menyangkut Perda, Perdasi dan Perdasus yang didorong oleh Biro Hukum yang juga mendapak kajian naska akademik dari Kantor Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Sudah ada tahapan bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual berkaitan dengan Perda, Hak Kekayaan Intelektual orang asli Papua dan juga perda tentang bantuan hukum bagi orang miskin untuk orang asli Papua, semoga dalam pembahasan selanjutnya tentu mendapat penyempurnaan bik dari Direktorat Kekayaan Intelektual maupun Badan Pembinaan Hukum Nasional sehingga memberikan kepastian lewat perdasi atau perdasus untuk perubahan dan kemajuan di Provinsi Papua Barat, ucap  KaKanwil Anthonius. M. Ayorbaba.WhatsApp Image 2019 08 13 at 09.34.09WhatsApp Image 2019 08 13 at 09.34.09WhatsApp Image 2019 08 13 at 09.34.09

*HUMAS KEMENKUMHAM PABAR "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)*