Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

2

Manokwari, – 26/08/2018. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat (Kanwil Kemenkumham Pabar) melangsungkan acara pisah sambut Pejabat Eselon IIB di lingkungan Kanwil Kemenkumham Pabar, acara yang berlangsung di Aula Kanwil sore itu dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat serta tamu undangan yaitu perwakilan Panglima Kodam XVIII Kasuari, Ketua Pengadilan Negeri Kelas IIB Manokwari (Heru), perwakilan Badan Intelijen Negara daerah Provinsi Papua Barat, perwakilan Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua Barat dan juga Para Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Pelaksana Teknis (KaUPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi serta seluruh Pejabat Pegawai JFU/JFT Se-Manokwari dan Fak-Fak pada jajaran Kanwil Kemenkumham Pabar.

Acara tersebut berlangsung dengan hikmah dan penuh kasih, pasalnya Pejabat Eselon IIB yaitu Kepala Divisi Administrasi (Sirajuddin) akan berpindah tugas ke Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Elly Yuzar) berpindah tugas ke Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat dan Kepala Divisi Keimigrasian (Mujiyono) berpindah tugas ke Kanwil Kemenkumham Riau, ke tiga Kepala Divisi tersebut akan segera berpindah ke tempat tugas yang baru dan akan digantikan dengan Pejabat Eselon IIB yang baru sebagai Kepala Divisi Administrasi (Johny Pesta Simamora), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Asep Sutandar) dan Kepala Divisi Keimigrasian (Pamuji Raharja).

Dalam acara pisah sambut pada sore itu dilakukan penandatanganan berita acara oleh Kakanwil dan Pejabat Eselon IIB lama dengan yang baru serta penyerahan memory serah terima Jabatan dari dan ke masing-masing pejabat eselon IIB lama dan pejabat baru yang disaksikan langsung oleh Kakanwil dan semua tamu undangan yang menghadiri acara tersebut, selain itu juga dilakukan pemberian cinderamata oleh Kakanwil serta tamu undangan dan Para KaUPT kepada ketiga pejabat eselon IIB lama.

Pada kesempatan tersebut para Pejabat Eselon IIB lama dan baru juga menyampaikan kesan dan pesannya kepada semua tamu undangan serta pejabat pegawai yang menghadiri acara di sore itu. Dikarenakan kondisi yang kurang sehat pejabat lama kepala Divisi keimigrasian tidak dapat menghadiri acara tersebut.

Selain penyampaian kesan dan pesan dari para Pejabat Eselon IIB yang baru maupun lama Kakanwil juga menyampaikan sambutannya bahwa tujuan diselenggarakannya acara pisah sambut ini agar ada pembelajaran buat semua yang menghadiri acara tersebut untuk saling menghargai tanpa memandang siapapun dia.
"Siapapun yang datang ke Papua Barat dan tinggalkan Papua Barat, itu harus dihargai, karena bagi saya menghargai orang, menghargai pemimpin itu mulai dan baik, terlepas dari apapun yang dilakukan dan dikerjakan, karena setiap pemimpin itu punya tanggung jawab dan bebannya sendiri dia yang akan bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, tapi penghargaan itu harus dilakukan karena setiap pemimpin itu kadang datang saja dijemput tapi pulang bisa pulang sendiri, saya pikir ketika saya menjabat sebagai Kakanwil saya tidak akan lakukan itu kepada siapapun yang saya pimpin meskipun saya pernah diperlakukan", Tegas Kakanwil.

"Bekerja di Tanah Papua ini tidak perlu takut kalau kita memiliki etikat yang baik untuk datang bekerja disini, kita akan dijaga", Sambung Kakanwil.

Kankanwil juga sangat mengapresiasi kehadiran seluruh pejabat pegawai di jajaran Kanwil Kemenkumham Papua barat yang ada, karena menurutnya dari kehadiran tersebut adalah salah satu bentuk ucapan terima kasih kepada ketiga Pejabat Eselon IIB tersebut yang sudah bekerja bersama selama 1 tahun lebih di Kanwil Kemenkumham Papua Barat.
Kakanwil juga mengucapkan selamat datang kepada para pejabat baru sebagai Kepala Divisi Administrasi, Pemasyarakatan dan Keimigrasian, beliau berharap adanya kerjasama dan kolaborasi dan sinergitas dalam teamwork untuk kemajuan Kanwil Kemenkumham Papua barat, dan Ucapan Terimakasih juga dari Kakanwil kepada ketiga Kepala Divisi yang akan segera berpindah ke tempat tugas yang baru.

"Inilah bentuk penghargaan yang bisa kita buat untuk Pimpinan Tinggi Pratama yang sudah mengabdi di tanah Papua, mungkin juga ada kekurangan tetapi ini bentuk apresiasi kami kepada ketiga Kepala Divisi yang sudah mengabdi disini dan juga menyambut para Kepala Divisi yang akan memulai karirnya ditempat ini", Ucap Kakanwil.

Mengakhiri sambutannya Kakanwil melontarkan beberapa pantun tentang pisah sambut tersebut diantaranya

" Jalan didesa banyak abu, jalan dikota penuh kemacetan, selamat bertugas saudaraku ditempatkan yang baru, lakoni tugasmu menjadi kenikmatan "

"Beningnya langit pertanda cerah, matahari terbit setiap hari, semoga saudaraku sukses dapat berkah, tugas ditempat yang baru senang dihati."

"Pohon mahoni dibuat jadi papan, buah mahoni menjadi obat malaria, jadilah saudaraku semua yang terdepan, bertugas ikhlas dan keluarga bahagia".

Pantun terakhir ditujukan khusus kepada Kepala Divisi Keimigrasian lama (Mujiyono)
"Burung Cendrawasih terkenal didunia, burung tekukur indah suaranya, selamat datang di Riau kota bertua, bung surun menunggumu di Pekan Baru kota".

setelah sambutan Kakanwil acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan dan selamat serta ditutup dengan foto bersama dan makan bersama.

HUMAS KEMENKUMHAM PABAR "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

 

671823161314153