KAKANWIL KEMENKUMHAM PABAR VIA KEMENKUMHAM CORPU, ASN KITA BISA BELAJAR KAPAN DAN DIMANA SAJA TANPA ADANYA BARRIER

1

Manokwari (5/12/19) - "Dengan Corporate University (CORPU) ini kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja", demikian disampaikan Kakanwil Kemenkumham Pabar (Anthonius M. Ayorbaba) kepada seluruh pegawai pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari.

Sebagai perpanjangan tangan dari Menteri Hukum dan HAM di tingkat daerah, pada hari ini (Kamis, 05/12/2019) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba menyambangi ke Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non TPI Manokwari untuk melakukan Sosialisasi Internalisasi Kumham CORPU Model Pengembangan Kompetensi.

Lebih lanjut Kakanwil menerangkan bahwa hadirnya Kemenkumham CORPU (Corporate University) adalah untuk menyikapi persoalan terbatasnya kesempatan dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan bagi ASN-nya.

Hadirnya Kumham CORPU diharapkan dapat menjawab persoalan SDM di Lingkungan Kemenkumham lebih terarah dalam proses pengembangan kompetensi karena strategi CORPU banyak pilihan model pembelajaran sehingga kegiatan belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Hal tersebut merupakan dampak positif dari hadirnya teknologi informasi yang ikut menyebabkan perubahan dunia dengan begitu cepat membuat Kementerian Hukum dan HAM RI menuntut ASN-nya dari tingkat pusat hingga daerah harus mampu mengoperasikan dan menggunakan serta adaptif terhadap teknologi informasi dengan baik dan tidak boleh gagap terhadap teknologi (gaptek).

Dalam penyampaian dihadapan para pegawai Kanim Manokwari yang mengikuti kegiatan sosialisasi, Kakanwil mengatakan bahwa Kemenkumham CORPU merupakan bagian strategis untuk membantu Kemenkumham RI mencapai sasaran melalui pelaksanaan yang mendorong pembelajaran dan pengetahuan bagi individu (ASN) dan Kemenkumham itu sendiri.

Adapun beberapa beberapa poin terkait Model Pengembangan Kompetensi Pegawai seperti yang diutarakan oleh Kakanwil, diantaranya:
1. Structured Learning meliputi Pendidikan, pelatihan, e-learning, Bimbingan Teknis.
2. Learning From Others meliputi Coaching, Mentoring, Benchmarking, Komunitas Belajar;
3. Learning From Experiences meliputi Detasering, Magang, Belajar Mandiri dan Pelatihan Jarak Jauh.

Guna mewujudkan KUMHAM CORPU yang berhasil, Kakanwil dalam penjelasannya mengatakan bahwa ada beberapa strategi pengembangan kompetensi ASN yang perlu untuk dilakukan diantaranya pengembangan kapasitas dalam penggunaan pembelajaran daring (dalam jaringan/ online), kolaborasi dan model pembelajaran baru dengan digital skills dan memanfaatkan teknologi terbaru learning by doing, mengidentifikasi kebutuhan dan kondisi peserta tranning generasi milenial (masa kini) dengan inovasi pembelajaran.

Pada beberapa kesempatan, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa fokus pemerintah adalah pembangunan SDM Unggul untuk Indonesia Maju, sehingga Kakanwil berharap Kemenkumham CORPU yang merupakan program pengembangan SDM Aparatur Hukum dan HAM tidak semata terbatas pada pengembangan Knowledge, Skill dan Attitude namun juga mengembangkan talenta yang berdampak signifikan terhadap kinerja pegawai dan kinerja organisasi (Kemenkumham) itu sendiri.

Kegiatan yang dihelat di salah satu ruangan Kanim Kelas II Non TPI Manokwari ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Imigrasi (Pamuji Raharja), Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari (Bugie Kurniawan) dan Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian (Arlina Syamsinar), Pengawas dan Administrator serta JFU dan JFT di lingkungan Kanim Kelas II Non TPI Manokwari.

Kegiatan foto bersama menjadi penanda berakhirnya kegiatan sosialisasi Kemenkumham CORPU di sore hari tersebut.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

11111111

Cetak