PELAKSANAAN DEKLARASI JANJI KINERJA TAHUN 2020 DAN PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM DI LINGKUNGAN KANWIL KEMENKUMHAM PABAR

 

1

Manokwari (10/01/2020) - Bertempat di Aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat melaksanakan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Laporan Pelaksanaan Kegiatan yang dibawakan oleh Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Johnny P. Simamora.

Dalam laporannya, Kadivmin menjelaskan bahwa kegiatan deklarasi janji kinerja merupakan agenda awal tahun di lingkungan Kemenkumham RI dalam rangka menguatkan komitmen tata nilai budaya kerja "KAMI PASTI" dan meningkatkan integritas dalam pelaksanaan tusi guna meningkatkan dan merealisasikan good governance khususnya di wilayah Papua Barat.

Setelah pembacaan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kadivmin, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama dan Pakta Integritas yang dibagi kedalam lima sesi, yaitu Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Tingkat Kantor Wilayah, Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Tingkat Satuan Kerja, Penandatanganan Pakta Integritas, Penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tingkat Unit Pelaksana Teknis dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tingkat Kantor Wilayah.

Komitmen pelaksanaan Janji Kinerja Tahun 2020 ditandai dengan pembacaan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba yang diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil dan UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian.

Dalam amanatnya, Kakanwil mengatakan bahwa di tahun 2020 Kemenkumham bekerja berlandaskan spirit yang telah ditularkan oleh Menkumham kepada seluruh jajarannya di Indonesia yaitu "Kerja Cepat, Kerja Keras dan Kerja Produktif" sehingga untuk mewujudkan spirit ini hanya bisa dilakukan dengan inovasi dalam membangun perubahan dan kemajuan.

"kita telah berada ditengah didunia yang berubah dan perubahan itu begitu cepat dan perubahan itu harus bisa ditindaklanjuti serta diantisipasi sehingga peningkatan kompetensi menjadi hal utama", ujar Kakanwil.

Dengan mengusung Tema "SDM Unggul, Kemenkumham Maju" dalam Apel Deklarasi Janji Kinerja pada tanggal 06 Januari 2020 di Jakarta, Kakanwil mengatakan bahwa ini harus menjadi sebuah kesadaran baru bahwa perlu adanya upaya kita untuk melakukan perubahan mindset dan cultureset sehingga tidak perlu lagi bekerja pada pilihan-pilihan untuk bekerja pada zona nyaman tapi membutuhkan pergerakan-pergerakan yang didukung dari adanya inovasi yang baik.

Inovasi yang baik seperti yang dikatakan oleh Kakanwil dalam amanatnya yaitu inovasi yang dilakukan berdasarkan pada kemampuan kita melakukan identifikasi dan inventarisasi terhadap semua masalah yang pada tusi. Inovasi yang baik sangat bergantung pada kualitas SDM yang ada sehingga Kakanwil menaruh harapan kepada para Kepala UPT yang berada di wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat untuk dapat mengidentifikasi permasalahan SDM yang ada dengan memberikan pembekalan-pembekalan yang berarti.

Diakhir amanatnya, Kakanwil berterima kasih atas pejabat yang baru dilantik, karena dengan adanya pelatikan ini, maka jabatan-jabatan yang selama ini kosong dapat terisi sehingga dapat menunjang capaian kinerja yang hendak dipenuhi oleh Kanwil Kemenkumham Papua Barat dan diharapkan adanya transfer knowledge antar sesama pegawai, mengingat ada begitu banyak pejabat baru dengan pengalaman-pengalaman mereka yang seringkali bersentuhan dengan kinerja yang cepat.

Kakanwil menegaskan bahwa kehadiran mereka (pejabat baru) disini tidak juga berada pada zona nyaman (comfort zone), tapi mereka juga harus membantu pimpinannya untuk menggerakan kinerja yang baik untuk memastikan layanan yang terbaik di lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Selaku Perwakilan dari Ombudsman RI, Adrianus Meliala dalam pengarahan membawa materi terkait peran dan fungsi dari Ombudsman RI.

Tamu undangan yang hadir terdiri dari Perwakilan Gubernur Papua Barat, MRP Papua, DPR Prov. Papua Barat, Pengadilan Tinggi Jayapura, KODAM XVIII Kasuari, Polda Papua Barat, Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Ombudsman Papua Barat, Pengadilan Negeri Manokwari, Polres Manokwari, Kejaksaan Negeri Papua Barat, Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian, Pengawas dan Administrator di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Kegiatan foto bersama menandai berakhirnya kegiatan di sore hari tersebut.

HUMAS KEMENKUMHAM PABAR "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2222222

 

Cetak