PIMPIN APEL PAGI PEGAWAI KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT KAKANWIL TEKANKAN TERAPKAN JANJI KINERJA TAHUN 2020, CORPORATE UNIVERSITY DAN KEDISIPLINAN PEGAWAI

1

Manokwari, Senin 20/01/2020 Kakanwil Kemenkumham Papua Barat (Anthonius M. Ayorbaba) Pimpin Apel Pagi dalam arahannya
menyampaikan bahwa sebagai pondasi
dasar dalam melaksanakan tugas dan fungsi ditahun 2020 dalam rangka pencapaian visi misi dan dan berkinerja secara Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua Barat sudah melaksanakan Apel Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 sekaligus Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dengan mengusung tema “SDM Unggul Kemenkumham Maju”
.
Bahwasannya Janji Kinerja Tahun 2020 ini merupakan bagian dari pondasi yang menjadi dasar dalam bekerja dan berkinerja secara PASTI. “Dengan modal integritas yang kuat, yang selalu kita kokohkan setiap tahun melalui Pencanangan Zona Integritas dan Penandatanganan Pakta Integritas, saya yakin kedepan jumlah satuan kerja kita yang mendapatkan predikat WBK/WBBM akan semakin meningkat.”

Corporate university kedepan harus menyusun metode yang up to date, based on information technology, dan mampu menjawab isu-isu strategis termasuk agar dilakukan revitalisasi Law and Human Rights Centre yang telah ada, agar eksistensi dan keberadaannya dirasakan langsung manfaatnya serta mampu mengkontribusi positif bagi pembangunan hukum dan Hak Asasi Manusia.

Dimana penekanan utama ada pada peningkatan integritas dan kualitas SDM melalu corporate university. Kakanwil berharap, dengan kegiatan ini ada saling sinergi dan kolaborasi antar stakeholder yang ada. “Dengan begitu, akan mendukung kami dalam mewujudkan cita-cita kami untuk mewujudkan SDM Unggul dan Kemenkumham Maju".

Membangun Teamwork yang baik dalam organisasi. Team ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh organisasi untuk meningkatkan kinerja. Teamwork ini dinilai lebih tanggap dan responsif dalam menghadapi dan mengatasi suatu permasalahan karena teamwork ini memiliki kemampuan cepat berkumpul dan fokus.

Untuk mencapai kerjasama teamwork yang baik bukanlah hal mudah. perlu ditumbuhkan sikap positif dalam sebuah tim, membangun hubungan komunikasi yang baik, dan memberikan apresiasi terhadap kontribusi dan pencapaian yang telah dicapai.

Sebuah teamwork dalam organisasi akan menjadi penentu sukses atau tidaknya organisasi tersebut. Maka dari itu sangat diperlulan adanya kerjasama tim yang baik dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam berorganisasi.

Membangun Teamwork yang baik seharusnya:
1. Membangun Trust (adanya rasa saling percaya) antar anggota team;
2. Membangun Partnership
Setelah Trust terbentuk yang harus dilakukan adalah membangun atau menjaga kesatuan.
3. Memberikan Sharing
Teamwork harus sering melakukan sharing mengenai pengalaman ataupun pandangan mereka untuk kemajuan dimasa depan dan saling memberikan dorongan agar dapat mencapai tujuan bersama secara cepat.
4. Menjaga Harmoni
Perbedaan dalam sebuah tim bukanlah suatu ancaman ataupun suatu alasan yang dapat membuat team menjadi tercerai berai.
5. Networking
Harus mampu membangun jaringannyang baik dengan semua team.
6. Kolaborasi
Melakukan kolaborasi dengan steacholder yang ada agar tujuannyang telah ditentukan dapat dicapai.
7. Support
Harus saling memberikan dukungan bukan malah saling menjatuhkan.
8. Work
Yang artinya lakukan tindakan atau action yang telah disebutkan diatas maka akan tercipta teamwork yang baik dan sukses.

Diakhir sambutannya kakanwil menegaskan Tantangan 2020 akan semakin berat. Masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan dengan tuntas. Tapi kita harus yakin dan optimis bahwa semua hambatan dan tantangan akan menjadi peluang yang menguatkan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua Barat.

Kakanwil juga menyampaikan akan melakukan Penertiban Apel Pagi dan Jam Istirahat siang , bagi para Pejabat dan Pegawai yang berturut-turut tidak mengikuti Apel Pagi akan berbaris di tempat sendiri.
Untuk jam istirahat siang Kakanwil menyampaikan jam istirahat hanya 1 jam saja tidak boleh lebih.

Kita akan menyambut HUT imigrasi Ke-70 dimohon kerjasama untuk saling mendukung Rencana Kegiatan Imigrasi dan program-programnya guna terlaksana kegiatan HUT Imigrasi ke-70 dengan baik.

Kita harus dapat menghargai Seorang Pimpinan, Setiap Organisasi selalu membutuhkan seorang pemimpin demi berjalannya organisasi yang dipimpin.
Bagaimana organisasi mau berjalan bawahannya saja tidak mampu menghargai Pimpinannya. Hubungan antara pemimpin dan yang dipimpin agar menjadi tetap kokoh harus melahirkan kecintaan, ketaatan, penghormatan dan bahkan juga kesediaan untuk berkorban.

Kakanwil juga menyampaikan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan bahwa Kakanwil mempunyai kewenangan untuk menandatangani PERDA yang dibuat oleh Pemerintah Daerah setempat.

HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT PASTI BISA (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2222


Cetak   E-mail