GUBERNUR PAPUA BARAT JADI IRUP MEMPERINGATI HARI BHAKTI IMIGRASI DI LINGKUNGAN KEMENKUMHAM PAPUA BARAT

1

Manokwari (27/01/2020) - Segenap pejabat dan jajaran Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat memperingati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-70 yang jatuh pada tanggal 26 Januari 2020 dengan melakukan upacara di Halaman Upacara Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari.

Hadir sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Papua Barat (Dominggus Mandacan) dalam sambutan tertulis yang dibacakan, Menkumham RI menyebutkan bahwa ditetapkannya tema "SDM Unggul Imigrasi Pasti Maju", menjadi bukti Imigrasi hadir dan dengan sigap menjawab tantangan zaman atas revolusi sosiokultural yang sangat dinamis dan bergerak maju kedepan.

Perubahan yang ingin diwujudkan bagi Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian di tahun 2020 yaitu perbaikan dan peningkatan kualitas budaya kerja birokrasi dari cara konvensional menuju birokrasi digital serta meningkatkan kerjasama keimigrasian antar lembaga yang ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan empat (4) lembaga.

Ke-empat lembaga yang ikut melakukan Penandatangganan diantaranya Bank Indonesia, Korps Lalu Lintas POLRI, Ditjen Pemasyarakatan dan Ditjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri dengan maksud pemanfaatan data keimigrasian sehingga data keimigrasian tidak hanya dimiliki oleh internal Ditjen Keimigrasian tapi juga bermanfaat dan menunjang tusi lembaga lain.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh IRUP, Menkumham berharap semoga perjanjian dengan ke-empat lembaga ini dapat diimplementasikan dengan penuh komitmen sehingga membawa dampak positif dalam pelaksanaan tusi para pihak.

Untuk dapat mewujudkan target kinerja yang telah diamanatkan tentu tidaklah mudah, sehingga Keimigrasian sangat membutuhkan SDM yang unggul untuk menjawab semua realisasi target kinerja dengan baik dan tetap dalam koridor pelaksanaan yang terukur.

Sebagai pelayan masyarakat dalam memberikan layanan publik yang prima, SDM Imigrasi yang unggul sangat ditunggu gebrakannya berupa gagasan-gagasan yang baru demi mewujudkan Indonesia maju dan menjawab tantangan dimasa depan.

Diakhir pidatonya yang dibacakan, Menkumham mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan imigrasi yang bertugas dimana saja.

"Dikesempatan yang berbahagia ini pula saya mengucapkan Selamat Hari Bhakti Imigrasi Ke-70 bagi seluruh insan imigrasi dimanapu bertugas", ucap IRUP membacakan sambutan sambutan tertulis dari Menkumham.

Berkaitan dengan Hari Bhakti Imigrasi yang ke-70 tahun 2020, Gubernur Papua Barat memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non TPI Manokwari yang telah melakukan terobosan dalam pengurusan pembuatan pasport.

"Di tahun 2017 saya urus pasport disini tidak seperti sekarang yang dari ruang ke ruang. Sekarang ruang sudah terbuka dan ruangnya juga nyaman tapi juga tahapan-tahapan untuk mendapatkan pasport ini sudah jelas semua. Tadi juga sudah dijelaskan ada mobil pelayanan bisa datang kepada masyarakat, bisa sosialisasi tapi juga bisa membuat pasport disitu sepanjang persyaratan semua sudah dipenuhi. Tentu ini sungguh luarbiasa dan tidak seperti dulu kita menunggu tapi sekarang juga bisa jemput begitu dan ini pelayanan terbaik", ujar Gubernur Papua memuji pelayanan yang telah diberikan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari dalam proses kepengurusan pembuatan Pasport.

"kita harapkan imigrasi papua barat meningkat kinerja, etos kerja tapi juga memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang ada di Papua Barat.", lanjut Gubernur berharap pelayanan yang telah diberikan oleh Kanim Manokwari dapat ditingkatkan lagi.

Sebagai perpanjangan tangan dari Menkumham RI di daerah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Papua Barat yang telah menjadi IRUP dalam Upacara HBI kali ini.

"karena di upacara hari bhakti ini tidak semua gubernur menjadi inspektur upacara di seluruh indonesia dan ini apresiasi dari kami di Papua Barat, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang luarbiasa kepada bapak Gubernur yang sudah hadir menjadi inspektur upacara", Ujar Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Papua Barat yang telah menjadi IRUP.

Kakanwil juga berkomitmen akan mendukung semua program dari Pemerintah Provinsi Papua Barat yang terkait tusi hukum dan HAM.

"kantor wilayah akan terus berkomitmen mendukung semua program-program dari pemerintah provinsi papua barat yang menjadi tusi pada bidang hukum dan ham akan kita kerjakan dan kita selaraskan untuk pencapaian pembangunan dan pelayanan hukum kepada masyarakat.

Berkaitan dengan upacara HBI ini, Kakanwil memberikan atensi khusus kepada UPT Keimigrasian yang ada di Papua Barat untuk terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Imigrasi Sorong dan Imigrasi Manokwari untuk 2020 masuk juga dalam usulan dan sudah dinilai oleh Balitbang Hukum dan HAM untuk mendapatkan penilaian selanjutnya menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi. Untuk itu saya selaku Kakanwil terus mendorong dan mengevaluasi termasuk juga mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.", beber Kanwil.

Para tamu undangan yang terlihat hadir di upacara Hari Bhakti Imigrasi 2020 terdiri dari Perwakilan KODAM XVII Kasuari, POLDA Papua Barat, FORKOMPIMDA Papua Barat, tokoh gereja, Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas, JFT dan JFU di Lingkungan Kemenkumham Papua Barat Barat dan pers.

Kegiatan foto bersama Kakanwil dengan Gubernur serta para tamu undangan menjadi penanda berakhirnya kegiatan Upacara HBI.

#HariBhaktiImigrasi2020
#SDMUnggulImigrasiPastiMaju
#KemenkumhamPapuaBaratPASTIBISA

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2021

22222222222222


Cetak   E-mail