PEMBUKAAN RAPAT KOORDINASI RENCANA KERJA DAN ANGGARAN TAHUN 2020 DAN EVALUASI KINERJA TAHUN 2019 DILINGKUNGAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM PAPUA BARAT TAHUN ANGGARAN 2020

1

Manokwari, (12/02/2020) - Guna mewujudkan kesamaan persepsi secara bersama dalam rangka memacu pelaksanaan program kegiatan untuk mencapai target kinerja yang optimal pada pelaksanaan kegiatan tahun 2020 dan mengevaluasi program kinerja tahun 2019, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat melaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi Rencana Kerja Dan Anggaran Tahun 2020 Dan Evaluasi Kinerja Tahun 2019 di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Papua Barat Tahun Anggaran 2020 yang diselengarakan di swissbel hotel manokwari.

Sebelum dibuka secara resmi, kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan rincian laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Penyelenggara dalam hal ini Kepala Bagian Program, Pelaporan dan Humas, (Syaaltiel Biantong).
Usai menyampaikan rincian laporan kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham Papua Barat (Anthonius M. Ayorbaba) memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.
Dalam sambutannya, Kakanwil menjelaskan bahwa perubahan dan kecenderungan organisasi secara nasional merupakan hal yang utama yang harus dimengerti terlebih dahulu, sehingga semua kemampuan yang ada dapat diarahkan pada satu tujuan yang telah ditetapkan.

"ini dulu hal yang prinsip sehingga semua kekuatan organisasi akan diarahkan pada satu tujuan yang sudah ditetapkan oleh menteri, sekjen, dirjen, dan diwajibkan semua kantor wilayah harus bergerak dalam satu percepatan, ini hal prinsip hal penting yang harus dipahami dan dimengerti ", jelas Kakanwil.

Kakanwil menjelaskan beberapa hal terkait kegiatan yang sama yang dilakukan di tingkat pusat yang harus melalui beberapa tahapan yaitu tahapan pembukaan, asesmen oleh pihak ektenal kemenkumham, evaluasi, pembekalan (pembagian tim kerja).
“tapi karena konsep yang dilakukan dikementerian ini (kemenkumham) belum bisa kita lakukan sampai di kantor wilayah untuk mengakomodir beberapa hal yang sudah dibuat seperti dipusat, tetapi paling tidak ada hal-hal yang coba kita mendekatkan, sehingga memang menjadi penting untuk dipahami dan dimengerti.

Kakanwil juga menyampaikan beberapa hal tentang pelaporan melaui video yang dinilai akan mendisiplinan waktu dan cara penyampaian laporan, serta evaluasi yang akan dilakukan oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI kepada kantor wilayah, dengan adanya tututan organisasi yang mewajibkan adanya perubahan serta percepatan kankanwil harapkan adanya model baru dalam capaian kinerja kanwil kemenkumham pabar, ia juga menegaskan terkait kemenkumham CORPU dan WBK harus pahami dan dilaksanakan oleh seorang leadersip (pemimpin) dengan melakukan indentifikasi terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) nya yang dipimpin agar terwujudnya keberhasilan perubahan dan percepatan dalam organisasi.

Diakhir sambutannya kakanwil berharap semua jajaran kanwil kemenkumham pabar dapat memberikan kontribusi positif yang terbaik bagi perubahan kinerja melaui perencanaan dan penyusunan anggaran serta program kegiatan dan juga bersama-sama menyimak materi dan berdiskusi dengan narasumber dari biro perencanaan.

“semua bentuk percepatan yang diharapakan untuk kita lakukan di tahun 2020 harus menjadi sebuah sinergitas bersama yang akan kita lakukan baik kantor wilayah dan semua UPT untuk memastikan bahwa kemenkumham papua barat pasti melahirkan UPT atau Kanwil mencapai prestasi WBK dan juga ada yang berhasil untuk mewujudkan Corpu”. Ucap kakanwil sebelum memukul tifa yang menandakan dibukanya secara resmi kegiatan tersebut.

Adapun Narasumber yang dihadirkan dalam pembukaan kegiatan tersebut ialah Kepala Sub Bagian Pemantuan, Analisis dan Pelaporan I dari Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI (Wili Sutresna) yang memaparkan materinya tentang Pemantauan Kinerja yang menyangkut dengan Target Visi dan Misi Presiden di bidang Hukum dan HAM melaui Sistematika terjemaham Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), komponen (Monitoring, Evaluasi, Kinerja), Turunan Monitoring Evaluasi Kinerja, Strategi Capaian, Monitoring Evaluasi Kinerja Anggaran, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Kinerja anggaran (Aplikasi SMART- IKPA, SPIP, Aplikasi EMONEV), Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, Makna Akuntabilitas Kinerja.

Dan dilanjut dengan narasumber kedua yaitu Kepala Sub Bagian Pemantauan, Analisis dan Pelaporan III (Dewi Ambarwati) yang juga memaparkan materinya terkait dengan Kebijakan Perencanaan dan Anggaran (Evaluasi 2019) yang meliputi kinerja anggaran, Realisasi Anggaran, Hasil Kinerja, Perbandingan Realisasi Anggaran (Kanwil Pabar, Per-Satker). Serta Agenda Kerja 2020, Alokasi Anggaran Kemenkumham TA.2020 (Prioritas Nasional 1,2,3), Disbursement Plan TA 2020, Instruksi Kemenkumham, Attention TA 2020, Strategi Pelaksanaan TA 2020, Refocusing Belanja Barang (Operasional, Non Operasional), Perencanaan 2021, Pesan Sponsor ( Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM).

Usai pemaparan dari kedua narasumber dalam kegiatan tersebut dilakukan juga diskusi/tanya jawab terkait materi oleh para peserta yang hadir pada saat itu.

Sejumlah peserta yang hadir pada kegiatan tersebut sebanyak 48 (empat puluh delapan) yang terdiri dari Para Kepala Divisi, Para Kepala Bagian dan Kepala Bidang,Kasubag Pada Divisi Admistrasi Kantor Wilayah, Para Ka.UPT, dan Operator.
Kegiatan yang di Swiss Belhotel Manokwari Jl. Yos Sudarso No. 8 Manokwari ini akan diselenggarakan selama 3 (tiga) hari, dimulai dari hari ini tanggal 12 Februari sampai dengan tanggal 14 Februari 2020.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2222222

Cetak