KANWIL KEMENKUMHAM PABAR GELAR PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI PELANTIKAN NOTARIS BARU WILAYAH KERJA KOTA SORONG

8

Manokwari, (14/02/2020) - Novelinda Shaldy, S.H., M.kn siang tadi secara resmi diambil sumpah/janji dan dilantik sebagai Notaris oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat (Anthonius Matius Ayorbaba, S.H., M.Si.) di Aula Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Notaris tersebut dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: AHU-00196.AH.02.01 Tahun 2020 tanggal 25 November 2019 tentang Pengangkatan Notaris. Kota Sorong merupakan wilayah kerjanya Notaris tersebut menjalankan profesinya sebagai salah satu pejabat umum yang berwenang membuat Akta Otentik yang memiliki peranan penting dalam memberikan kepastian hukum bagi masyarakat secara efisien.

Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan kepada Notaris yang baru dilantik untuk wajib mematuhi ketentuan undang-undang tentang jabatan Notaris yang meliputi pembacaan Akta dihadapan pengahadap dengan dihadiri paling sedikit 2 orang saksi dan ditandatangani secara langsung saat itu juga oleh penghadap, saksi dan notaris sebab jika tidak akta notaris hanya mempunyai kekuatan pembuktian sebagai akta dibawah tangan yang tentunya akan sangat merugikan pihak selaku klien notaris.

Selain itu kakanwil juga mengingatkan kepada notaris tersebut untuk selalu bertindak jujur, seksama, mandiri, tidak berpihak, dan menjaga kepentingan pihak yang terkait dalam perbuatan hukum selama menjalankan jabatannya serta wajib mematuhi kode etik dalam menjalankan profesinya sebagai notaris.

Dengan dilantiknya notaris baru tersebut pada hari ini, kakanwil mengatakan bahwa jumlah keseluruhan notaris diwilayah Papua Barat bertambah menjadi total sebanyak 39 notaris yang terbagi diwilayah Papua Barat meliputi Kota Sorong (13), Kabupaten Sorong (12), Manokwari (9), Teluk Bintuni (2), Fak-fak (2), Kaimana (1) dan raja Ampat (1).

Sementara itu dalam jalan proses kegiatan tersebut bertindak sebagai saksi I dalam proses pengambilan sumpah/janji pelantikan yakni Kepala Bidang Pelayanan Hukum (Ancelina Paseru) dan Saksi II Kepala Bagian Program dan Humas (Syaaltiel Biantong).

Turut hadir menyaksikan jalanya kegiatan pelantikan tersebut Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Costantinus Kristomo), Kepala Divisi Administrasi (Jonny P. Simamora) dan para pejabat/pegawai di Jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat maupun keluarga serta kerabat notaris yang dilantik tersebut.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2222222

 

Cetak