BIDANG HAM KEMENKUMHAM PAPUA BARAT GELAR KEGIATAN EVALUASI PELAPORAN CAPAIAN PELAKSANAAN AKSI HAM

1

Manokwari (11/03/2020) - Bidang HAM Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat melaksanakan Kegiatan Evaluasi Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM.

Kegiatan diawali dengan pengarahan dari Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Pemajuan HAM, Sahrul Jainudin. Dalam pengarahannya dihadapan para tamu undangan yang hadir, Sahrul mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengevaluasi laporan-laporan capaian pelaksanaan aksi HAM dari OPD terkait yang ada di Kota Manokwari.

"kegiatannya tentang Rencana Aksi Nasional HAM, yang mana kami (Kanwil Kemenkumham Papua Barat) minta untuk pada setiap OPD lebih menekankan untuk pencapaian atau laporan aksi HAM-nya. Jadi setiap capaian aksi dari OPD bisa dilaporkan kepada kami di Kementerian Hukum dan HAM melalui Bidang HAM dan Sub Bidang Pemajuan HAM", ucap Sahril terkait agenda kegiatan yang dilaksanakan.

Dengan adanya kegiatan ini, Sahrul berharapkan pada tahun 2020 penyajian laporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM dapat mencapai hasil maksimal.

"harapannya, Manokwari pencapaian hasil laporannya bisa 100 persen", ujar Sahrul berharap Laporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM bersama OPD terkait bisa terkumpulkan dalam waktu telah ditentukan dan dilaporkan ke pusat guna diberikan penilaian.

Kegiatan Evaluasi Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM perlu dilakukan dan diperkuat sebagai upaya mengoordinasikan, memantau, memverifikasi, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan Aksi HAM kepada pemerintah seperti yang tertuang didalam Peraturan Presiden RI No. 33 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden No. 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional HAM Tahun 2015-2019.

Kegiatan yang dihelat di Aula Kanwil Kemenkumham Papua Barat ini dihadiri oleh Kabid HAM (Aloysius Fernandez), Kasubbid Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah (Hamid Badilah), perwakilan dari OPD Provinsi Papua Barat dan OPD Kota Manokwari.

Sesi foto bersama pejabat struktural Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Papua Barat dengan para tamu undangan yang hadir menjadi rangkaian penutup kegiatan disiang hari tersebut.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2222

Cetak