WUJUDKAN KETERBUKAAN INFORMASI LAYANAN PUBLIK, RUTAN BINTUNI RILIS APLIKASI SIRUBI MOBILE

2

Manokwari - Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang pesat dan kehadirannya yang menawarkan kemudahan memperoleh informasi sangat jelas terlihat dan dirasakan oleh seluruh elemen lapisan masyarakat.

Melihat banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh TI memaksa masyarakat untuk harus lebih akrab dan terbiasa menggunakan TI, mengingat untuk saat ini hampir semua aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat tidak terlepas dari teknologi seperti membaca berita dari website, melakukan percakapan menggunakan whatsapp, mengakses layanan publik berbasis online dan lain sebagainya.

Untuk saat ini, dihampir setiap instansi/lembaga pemerintahan telah mengadopsi dunia TI untuk menunjang kegiatan operasional yang dilakukan. Kehadiran TI dinilai lebih efektif dan efisien dalam mengelola resources yang ada jika dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional (kuno) yang banyak menguras resources seperti waktu dan biaya.

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang berada dibawah naungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bintuni pada hari Selasa (14/04/2020) telah merilis aplikasi Sistem Informasi Rutan Bintuni "SIRUBI" Mobile versi 1.1.0.

Seperti yang dikutip dari laman facebook Rutan Bintuni, aplikasi SIRUBI merupakan aplikasi android berbasis web (web-based) yg fungsinya untuk memberikan informasi tentang keseluruhan kegiatan dan pelayanan di Rutan Kelas IIB Bintuni.

Selain itu aplikasi SIRUBI ini juga merupakan salah satu solusi untuk mencegah penyebaran COVID-19 dimana telah tersedia fitur pendaftaran layanan video call dan pendaftaran kunjungan online.

Ketika dihubungi melalui panggilan telepon, Ahmad Dhamir Salam selaku pegawai Rutan Bintuni sekaligus pembuat aplikasi SIRUBI mengatakan bahwa aplikasi ini tidak hanya digunakan pada saat pandemi Covid-19 saja tapi akan digunakan secara terus menerus oleh Rutan Bintuni.

"aplikasi SIRUBI ini akan digunakan untuk seterusnya karena menunya ada banyak disana. Ada menu tentang survey IPK/IKM, pendaftaran kunjungan online, layanan video call dan dokumen atau laporan. Misalnya kalau dari Kanwil minta laporan bisa langsung dicek di aplikasi atau website yang telah kami buat ini.", ujar Dhamir.

Dhamir mengungkapkan bahwa alasan dia membuat aplikasi SIRUBI ini untuk mau membantu masyarakat dan pengunjung mengenai informasi pelayanan yang dilakukan oleh Rutan Kelas IIB Bintuni.

Ketika dimintai tanggapan melalui panggilan telepon, Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Bintuni, Juliao Da Costa mengungkapkan bahwa aplikasi SIRUBI merupakan aplikasi yg fungsinya untuk memberikan informasi tentang keseluruhan kegiatan dan pelayanan yang dilakukan di Rutan Kelas IIB Bintuni untuk dilaporkan kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI dan Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat.

Aplikasi SIRUBI merupakan karya dari pegawai Rutan Kelas IIB Bintuni (Ahmad Dhamir Salam) yang dibuat selama kurang lebih satu bulan dan disupport langsung oleh Karutan Bintuni dan teman-teman pegawai.

Bagi yang ingin melihat lebih jauh tentang keseluruhan kegiatan dan layanan di Rutan Kelas IIB Bintuni melalui aplikasi SIRUBI dapat mengunduh (download) melalui tautan dibawah ini.
(https://rutanbintuni.com/aplikasi.html)

#SIRUBIMobile
#RutanBintuni
#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

#KemenkumhamPASTI

2


Cetak   E-mail