KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT GELAR PELATIHAN APLIKASI ZOOM BAGI SELURUH OPERATOR DI JAJARANNYA

2

Manokwari, (08/05/2020)  - Guna memastikan kinerja Jajarannya tetap terus berjalan dalam pemanfaatan Teknologi Informasi menuju e-Government khususnya penunjang pelaksanaan kerja dari rumah/ Work From Home (WFH) ditengah masa pandemi penyebaran Virus Corona (Covid-19), Kantor Wilayah (Kanwil) kementerian Hukum Papua Barat pagi tadi mengelar Pelatihan Pengunaan Media Video Telekonference Aplikasi Zoom bagi para pegawai (Operator Zoom) pada masing-masing Unit Pelaksana Teknik (UPT) Jajaran Kemenkumham Pabar dalam pelaksanaan kegiatan Meeting (Rapat) secara online melalui Media Video Telekonference.

Sebagai Host penyelengara kegiatan pelatihan yang digelar dari Aula Kanwil melaui Video Telekonference tersebut Kanwil menghadirkan 3 narasumber dari Kayreasearch System yaitu (Reza A. Amirudin), (Ninthia R. Dita) dan (Katon) pada pelatihan tersebut para operator dari masing-masing UPT mendapat pengarahan serta bimbingan tentang bagaimana para operator tersebut menyiapkan kegiatan meeting melalui Aplikasi Zoom, hal-hal utama dalam pengunaan Aplikasi tersebut yang dipaparkan oleh para narasumber kepada operator yang mengikuti pelatihan tersebut meliputi penjelasan tentang Aplikasi Zoom, fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi, konfigurasi akun Aplikasi Zoom, Setup utama dalam mempersiapkan room meeting, pengjadwalan meeting, jumlah peserta meeting dan keamanan dalam pelaksanaan meeting hingga proses recording meeting yang dapat di unduh dalam bentuk video maupun audio.

Selain materi yang diberikan oleh narasumber dalam pelaksanaannya, kegiatan pelatihan tersebut juga dipandu oleh kepala Divisi (Administrasi Jonny P. Simamora) dalam kesepatan tersebut Kadiv Admin juga menyampaikan kepada para perserta yang mengikuti pelatihan melalui Media Video Telekonference Aplikasi Zoom untuk menyimak dengan baik dan bertanya apabila ada hal-hal yang belum dipahami sehingga dalam pelaksanaannya tidak mengalami kendala.

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat (Anthonius M. Ayorbaba) yang juga memberikan bimbingan sekaligus memotivasi para Operator Aplikasi Zoom di semua UPT Kemenkumham Pabar untuk memaksimalkan pemaanfaat Aplikasi Zoom, Kakanwil menjelaskan bahwa pemanfaatan aplikasi tersebut tidak hanya sebatas melakukan meeting secara online saja tetapi juga dapat digunakan sebagai media informasi bagi para Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) dalam melakukan monitoring situasi/kondisi dalam UPT nya masing-masing secara langsung melaui media Video Telekonference Aplikasi Zoom, Ia juga berharap para operator dapat mengebangkan kreatifitas dan inovasinya dalam pemanfaatan aplikasi tersebut.

“tingkatkan kapasitas dan kreatifitasmu, silakan anda laporkan kepada pimpinanmu kalau ada pimpinan/Ka.UPT yang tidak mendukung inovasi anda laporkan ke Kantor Wilayah, nanti saya (Kakanwil) akan memberikan masukan kepada Ka.UPT yang bersangkutan bahwa segala sesuatu ini bisa menjadi model, saya diminta Papua Barat harus bisa mendapati sebuah model baru dari Aplikasi Zoom ini untuk kita mengembangkan tugas pokok dan fungsi kita”. Ungkapnya Kakanwil.

“inovasi yang terbaik nanti kita akan mempublicsh ke public dan pasti juga mereka itu akan kita beri penghargaan” Sambung Kakanwil.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

22

 

Cetak