VIA TELECONFERENCE, KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT IKUTI PENGARAHAN ITJEN KEMENKUMHAM RI

3

Manokwari (20/05/2020) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba bersama para Pimpinan Tinggi Pratama (Pimti) siang tadi menyaksikan pemaparan Tujuh Fokus Utama ITJEN Kemenkumham RI yang di tayangkan melalui video teleconference menggunakan aplikasi zoom.

Kegiatan diawali oleh Sekretaris Jenderal, Bambang Rantam Sariwanto yang memberikan pembukaan yang dilanjutkan pengarahan Inspektur Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H yang memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada peserta yang terhubung melalui video teleconference menggunakan aplikasi zoom.

Tujuh fokus utama yang dipaparkan oleh Inspektur Jenderal yang merupakan arahan dari Menkumham meliputi Terobosan Kreatif Atasi Tantangan Moralitas dan Etika Pegawai, Tingkatkan Pengawasan Pelayanan Publik Administrasi Keuangan Disiplin Pegawai 'Zero Mistake', Jaga dan Tingkatkan Indeks Integritas, Jangan Beri Ruang KKN, APIP sebagai 'Role Model Integritas', Deni Berbagai Penyimpangan 'Early Warning System' dan APIP Harus Bisa Antisipasi Fraud Berbagai Penyimpangan.

Terkait administrasi keuangan, Inspektur Jenderal mengingatkan dengan tegas kepada pimpinan agar selalu teliti mengecek setiap laporan administrasi yang masuk secara selektif dan jangan sampai teledor jika tidak ingin berurusan dengan proses hukum.

"tingkatkan kualitas perencanaan program dan kegiatan atau anggaran dengan selektif serta berkualitas untuk menghindari banyaknya revisi DIPA dalam pelaksanaan anggaran. Nanti kita akan melaksanakan musrembang dan jangan bongkar pasang. Kita mengenal ada idiom 'perencanaan yang baik itu tidak akan pernah mengkhianati hasil' artinya sebagai pimpinan harus diteliti benar-benar administrasi yang masuk karena ini akan berimplikasi, ini memiliki konsekuensi hukum. Saya ingatkan kembali, apabila merugikan keuangan negara akibat perencanaan yang salah, ancaman hukumannya itu 14 tahun", tegas Inspektur Jenderal tentang betapa pentingnya mengelola keuangan dengan baik.

Diakhir pemaparannya, Inspektur Jenderal menghimbau kepada seluruh jajaran Kemenkumham yang ada di pusat maupun daerah untuk dapat bekerjasama dan bahu membahu mewujudkan tujuan organisasi sehingga dapat berjalan lebih baik kedepannya.

Para Pimti yang terlihat turut hadir di ruang rapat Kakanwil Kemenkumham Papua Barat menyaksikan pemaparan dari ITJEN tersebut diantaranya Kadiv Administrasi (Jonny Pesta Simamora), Kadiv Pemasyarakatan (Asep Sutandar) dan Kadiv Imigrasi (Pamuji Raharja).

Kegiatan ini disaksikan oleh seluruh Kanwil dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang bernaung dibawah payung Kementerian Hukum dan HAM RI dengan menggunakan video teleconference via aplikasi zoom.

#KumhamPasti
#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2222


Cetak   E-mail