KAKANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT BERSAMA WAGUB PROVINSI PAPUA BARAT MELAKUKAN AKSI PEDULI KASIH COVID-19

1

Manokwari, Sabtu (13/06/2020) - Ditengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi, tentu ada banyak masyarakat yang juga mengalami pergumulan berkaitan dengan keberlangsungan hidup mereka. Guna meringankan beban perekonomian dimasa karantina wilayah semenjak mewabahnya virus corona, Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Cenderawasi (Uncen) Jayapura di Manokwari menggelar aksi peduli kasih di dua panti asuhan yakni Panti Asuhan Semi Metta Bahagia yang berlokasi di Distrik Masni SP 5 dan Panti Asuhan Fajar Timur di Kampung Mubri, Distrik Manokwari Utara.

Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, (Anthonius M. Ayorbaba) bersama-sama dengan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat (Muhammad Lakotani) mengatakan kunjungan kasih ini dalam bentuk aksi peduli Covid-19 kepada kedua panti asuhan Fajar Timur dan panti asuhan Semi Metta Bahagia guna untuk meringankan beban penghuni panti ditegah mewabahnya Covid-19.

Kegiatan ini juga diselaraskan dengan kegiatan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat yang juga selama pandemi Covid-19 ini sudah melakukan beberapa bantuan langsung pada masyarakat yang kita juga berharap dapat meringankan beban dari masyarakat.

“Tentu kehadiran Bapak KaKanwil dengan Bapak Wakil Gubernur yang juga selaku Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Uncen dan KaKanwil sebagai Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Uncen Anggkatan 90, ini merupakan bentuk dukungan kita secara langsung yang menaruh pada dua titik pada panti asuhan ini. Dengan kehadiran kita langsung terhadap kedua panti asuhan ini, tentu menjadi keprihatinan kita bersama dan kedepannya kita akan membangun sinergitas dan solidaritas untuk juga mendorong kinerja birokrasi dalam proses-proses dukungan terhadap panti asuhan tersebut, sehingga efektifitas pembinaan dan pelayanan tetapi juga Pendidikan bagi anak-anak ini bisa terlayani dengan baik dan mereka juga bisa dapat prospek masa depan yang terbaik sekalipun mereka tinggal di panti asuhan”, ujar KaKanwil.

Sementara itu, Ketua Alumni Fakultas Hukum Uncen, (Muhammad Lakotani) mengatakan “Bantuan ini merupakan murni sumbangan anggota alumni Uncen yang hari ini dapat kita bagikan kepada anak-anak di panti asuhan”, ujarnya.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa Kasur, beras, telur, minyak goreng, sabun mandi, sabun cuci dan pasta gigi. Ini merupakan bantuan yang terkumpul dari hasil swadaya dari seluruh alumni Fakultas Hukum Uncen yang ada di Jayapura.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, Salah satu Pengurus Panti Asuhan Semi Metta Bahagia, mengungkapkan bahwa pihaknya sangat berterima kasih dan sangat bersukur atas kunjugan dari Alumni Fakultas Hukum Uncen, beliau juga mengatakan bahwa saat ini jumlah penghuni di panti sebanyak 27 (dua puluh tujuh) orang yang terdiri dari 2 (dua) orang usia jompo dan 25 (dua puluh lima) orang anak usia 1 (satu) tahun sampai 17 tahun yang berasal dari Madura, NTT, Buton, Ambon dan Papua dan sebagian besarnya jawa. Kebanyakan dari mereka merupakan korban dari aborsi yang diselamatkan oleh pihak panti, ucap salah satu pengurus Panti Asuhan Semi Metta Bahagia.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

22


Cetak   E-mail