2 ORANG PEGAWAI JAJARAN KANWIL KEMENKUMHAM PABAR JADI INSTRUKTUR BAGI 50 WBP PADA LAPAS NARKOTIKA KELAS IIA DOYO, JAYAPURA

1

Jayapura, Senin (24/08/2020). -Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Narkotika Doyo, Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba menghadiri kegiatan pembukaan Pelatihan Tukang Bangunan Umum bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Lapas Kelas IIA Narkotika Doyo. Kegiatan tersebut dibuka oleh Plh. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Kepala Bidang Pembinaan Bapak Syahruddin Pulungan.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Pembiaan bagi WBP pada Lapas Kelas IIA Doyo untuk mendapatkan keterampilan dasar melalui pelatihan Konstruksi dan Sumber daya Manusia bidang Jasa Konstruksi, agar nantinya setelah mereka bebas dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan bermanfaat bagi dirinya maupun masyarakat banyak.

Pada kesempatan tersebut, KaKanwil dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura, karena dengan pelatihan instruktur kepada 23 (dua puluh tiga) pegawai di Papua Barat, ini merupakan kali kedua Balai Jasa Konstruksi memakai tenaga instruktur dari Kanwil Kemenkumham Papua Barat untuk melakukan pelatihan di Kanwil Kemenkumham Papua, dan pada kesempatan ini melatih sebanyak 50 WBP di Lapas Kelas IIA Narkotika Doyo.

“Tentu kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan lanjutan dari MoU yang telah dibuat di tahun 2019, dimana dengan pelatihan pegawai dilanjutkan dengan pelatihan bagi WBP di UPT se Papua Barat. Sehingga tenaga instruktur dari Papua Barat selalu di pakai oleh Balai Jasa Konstruksi untuk melakukan pelatihan di Lapas-Lapas Papua tetapi juga kegiatan pelatihan yang nantinya melibatkan masyarakat”, ucap KaKanwil.

Lebih lanjut KaKanwil berharap dengan kehadiran 2 Instruktur dari Kanwil Papua Barat bisa mendorong agar 50 peserta bisa mendapatkan hasil terbaik ketika nanti di hari terakhir dilakukan uji wawancara oleh tim asesor. Selain itu KaKanwil juga berharap, Kanwil Papua juga bisa membuat pelatihan bagi para pegawainya, agar nanti dapat juga menjadi instruktur untuk kegiatan-kegiatan pelatihan ditahun-tahun yang akan datang.

Dari 50 peserta terbagi menjadi 2 kelompok, dimana 25 orang kelompok pertama sebagai peserta Tenaga Kerja Konstruksi Bidang Las dan 25 orang lagi sebagai Tenaga Kerja Konstruksi Bidang Kayu, dengan instruktur sebanyak 2 orang dari Kanwil Kemenkumham Papua Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 5 hari dimulai tanggal 24 dan berakhir tanggal 28 Agustus 2020.

Setelah mendapatkan materi pelatihan dan peraktek, peserta akan ditentukan melalui uji wawancara/uji asesmen pada hari terakhir yang dilakukan oleh tim asesor dari USTK LPJK Provinsi Papua dan berhak mendapatkan SKT tenaga terampil bila peserta di nyatakan Kompeten.

#KumhamPasti
#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

33333


Cetak   E-mail