OVER KAPASITAS PADA LAPAS MANOKWARI, SEBANYAK 13 NARAPIDANA DIPINDAHKAN KE RUTAN BINTUNI

1

Manokwari, Sabtu (29/08/2020). -Untuk mengurangi Over Kapasitas pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari, sebanyak 13 Narapidana dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Bintuni hari ini dengan menggunakan transportasi darat dengsn pengawalan dari Brimob sebanyak 2 orang dan Tim dari Divisi Pemasyarakatan sebanyak 10 orang.

KaLapas Manokwari, Ahmad Heriansyah mengatakan pemeindahan ke 13 Narapidana ini dalam rangka mengatasi over kapasitas sebagaimana diamanatkan dalam resolusi pemasyarakatan dan juga menjaga keamanan dan memberikan pembinaan yang maksimal.

"Ke 13 Narapidana yang dipindahkan ini mayoritas juga berdomilisi di Bintuni, maka kita kembalikan ke Bintuni sehingga pembinaan ke mereka lebih mudah dan maksimal selain itu juga agar mereka dekat dengan keluarga", ucap Ka.Lapas.

Diketahui juga bahwa kapasitas daya tampung pada Lapas Kelas IIB Manokwari sebanyak 140 dan sudah terisi 275, hampir 2x lipat dari daya tampung di Lapas.

Waktu yang ditempu Kurang lebih 7 jam perjalanan dari Manokwari ke Bintuni, setelah sesampainya di Rutan Kelas IIB Bintuni, seluruh Narapidana dan petugas melakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disenfektan sebelum masuk ke dalam Rutan, selanjutnya dilakukan serah terima dari Lapas Kelas IIB Manokwari ke Rutan Kelas IIB Bintuni dan dilanjutkan dengan rapid test ke 13 Narapidana sebelum masuk ke ruang Isolasi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Asep Sutandar, beliau menjelaskan bahwa kegiatan hari ini sudah menjadi program dimana Lapas Manokwari sudah Over Kapasitas maka kita melakukan pemindahan Narapidana dan tempat yang memungkinkan untuk menerima saat ini ialah Rutan Bintuni.

"Muda-mudahan dengan pemindahan ini dapat memecahkan masalah over kapasitas pada Lapas Manokwari dan juga melanjutkan pembinaan yang sudah dilaksanakan di Lapas Manokawari", kata Asep.

Saat ini Rutan Kelas IIB Bintuni juga sedang menuju ke zona integritas WBK, oleh karena itu pemenuhan sarana dan prasarana yang ada di Rutan Kelas IIB Bintuni sangat memungkinkan sekali untuk melakukan pembinaan bagi Narapidana yang dipindahkan dari Lapas Manokwari.

"Semoga semua perubahan yang telah dilakukan di Rutan Bintuni ini dapat menuju Zona Integritas meraih predikat WBK", harap Asep.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan APD berupa Handsanitizer, Sabun cuci tangan, Hand Skun, Spray/Penyemprot, Akohol dan Rapid Diagnostic Test yang diserahkan langsung oleh Kadiv Pas dan diterima oleh KaRutan.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawah, Inspiratif, Santun dan Amanah)

22222


Cetak   E-mail