KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT TERIMA PIAGAM PENGHARGAAN TERBAIK KE-2, DALAM RAPAT KOORDINASI PERCEPATAN BELANJA APBN DILINGKUP WILAYAH KERJA PROVINSI PAPUA BARAT

1

Manokwari, Senin (07/09/2020) –Dalam upaya untuk percepatan penyerapan belanja APBN (Belanja Kementerian Negara/Lembaga dan Tranfer ke Daerah dan Dana Desa) Tahun 2020 dan memperhatikan arahan Presiden kepada Para Menteri/Pimpinan Lembaga pada Sidang Kabinet Paripurna tanggal 18 Juni 2020 serta arahan Presiden kepada Para Gubernur seluruh Indonesia pada tanggal 15 Juli 2020, Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Belanja APBN, dilingkup kerja Wilayah Provinsi Papua Barat bertempat di Swiss Belhotel Manokwari, Jl. Yos Sudarso, Manokwari, N0.8, Papua Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Panglima KODAM XVIII/Kasuari, Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat, Kepala Kantor Regional XIV BKN Manokwari, Kepala Stasiun Meteorologi Rendani, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat serta para Pimpinan Instansi Vertikal Tingkat Wilayah, Kepala Satuan Kerja dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Wilayah Provinsi Papua Barat yang juga diikuti melalui Video conference menggunakan aplikasi zoom.

Dalam sambutan Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan dalam upaya mengerakan ekonomi Papua Barat dalam belanja APBN yang dilaksanakan melalui realisasi anggaran pada Kementerian/Lembaga hanya mencapai 49,59%. Tingkat penyerapan ini masih rendah dibandingkan dengan realisasi nasional sebesar 56,3%, sementara dalam belanja transfer kedaerah dan dana desa sebagai bagian dari pelaksanaan desentralisasi dan untuk mengurangi kesenggangan fiskal antar daerah yang mencapai realisasi sebesar 76.95% dari alokasi anggaran sebesar 19,3 Triliun, dimana diatas rata-rata nasional sebesar 72,96%.

Dalam penanganan dampak pandemi, kita tentunya harus terus melakukan penilaian yang komprehensif secara berkelanjutan guna memastikan bahwa kebijakan yang akan diambil untuk mengantisipasi lebih lanjut dapat dilakukan secara cepat dan tepat, selain itu pertumbuhan yang melambat sudah seharusnya menjadi motivasi bagi kita bersama memperkuat upaya luar biasa dan mencakup dukungan baik itu terhadap ekonomi maupun sektor Kesehatan sebagai upaya telah dilakukan baik pelaksanaan perlindungan sosial dan lainya.

Gubernur berpesan dan mendorong seluruh pemangku kepentingan belanja pemerintah untuk dapat mengaselerasi pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan dan mempercepat realisasi belanja.

“Tingkatkan penyerapan semua jenis belanja, sederhanakan SOPnya, mudah birokrasinya dengan tetap memperhatikan tatakelola yang baik,” ucap Bapak Gubernur.

Lebih lanjut beliau juga mengajak untuk memerangi penyebaran Virus Covid-19 dengan cara mematuhi protokol Kesehatan yang telah diterapkan oleh Pemerintah seperti menjaga jarak, memakai masker saat beraktifitas diluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta rajin menjaga kebugaran tubuh dengan rajin berolahraga.

Diakhir kegiatan, KaKanwil Kemenkumham Papua Barat menerima Piagam Penghargaan sebagai Perwakilan Kementerian/ Lembaga Terbaik ke-2 dengan Capaian Realisasi Anggaran Tertinggi Tingkat Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Barat Periode Januari – Agustus Tahun Anggaran 2020 dengan Pagu Dipa Sedang.

#KumhamPasti
#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

222


Cetak   E-mail