CALON TARUNA/I POLTEKIP DAN POLTEKIM KEMENKUMHAM PAPUA BARAT, MASUK KETAHAP SELEKSI TES KESEHATAN DENGAN PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID-19

6

Manokwari. Rabu (09/09/2020). -Bertempat di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, sebanyak 18 dari 21 peserta Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Kemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengikuti Tes Kesehatan Tahun Anggaran 2020 dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Adapun tahapan penyelenggaraan Tes Kesehatan yang diawali dengan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh peserta. menggunakan alat pengukur suhu tubuh digital (themogun). Setelah itu para peserta diarahkan kehalaman depan Kanwil untuk mendengarkan arahan singkat yang disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat.

Dalam arahannya KaKanwil Kemenkumham Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur Provinsi Papua Barat, Karena melalui surat Gubernur yang ditujukan langsung kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, sehingga pelaksanaan seleksi Kesehatan bahkan mungkin sampai pelaksanaan seleksi kesemaptaan akan dilakukan di Papua Barat.

“Ini sebuah penghargaan yang diberikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia bagi Pemerintah Provinsi Papua Barat, karena tentu Bapak Gubernur sangat serius dalam mengembangkan SDM Anak Asli Papua, saya selaku KaKanwil berharap, bahwa dengan formasi ini, harus bisa terpenuhi dengan kuota yang ada sekalipun untuk Pemasyarakatan untuk formasi umum masih kurang 1 untuk laki-laki, karena formasi yang lulus hanya 4 orang dari kuota 5 orang dan untuk imigrasi yang lulus sebanyak 8 orang dan 3 diantaranya akan Gugur,” ucap KaKanwil.

KaKanwil juga menegaskan bahwa, “proses afirmasi ini tentu tidak lahir sendirinya tanpa dipikirkan dan dibuatkan konsep, karena mereka yang lulus passing grade di Papua Barat bahkan nilai yang tertinggi 375, itu tidak lulus dalam formasi 3x lipat dipusat, Jadi 13 yang lulus diformasi umum, satupun tidak lulus diformasi pusat, sehingga mereka yang mengikuti tahapan seleksi hari ini dari konsep kita yang dijawab dengan pendekatan afirmasi ini, KaKanwil berharap bisa menjalani tahapan ini dengan baik dan bisa diterima.” Harap KaKanwil.

Terakhir KaKanwil juga menyampaikan terima kasih kepada dr. Arnoldus Tiniap, selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat yang telah menugaskan 2 Dokter dan Perawat untuk pemeriksaan kesehatan.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan penjelasan alur proses tahapan seleksi Tes Kesehatan oleh Kepala Bagian Umum, Ancelina Paseru, yang meliputi 12 tahapan, diantaranya:

1.Para peserta diwajibkan menggunakan masker dan pakaian yang telah ditentukan dalam pengumuman;

2.Untuk para peserta yang diantar keluarga dilarang untuk menunggu dan atau berkumpul di sekitar lokasi tes;

3.Mengawali kegiatan para peserta akan dilakukan pengecekan suhu tubuh;

4.Peserta diwajibkan mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan;

5.Para peserta dilakukan pemeriksaan kelengkapan seperti KTP dll;

6.Para peserta dilakukan pengukuran tinggi badan;

7.Peserta menitipkan barang secara mandiri dengan memperhatikan jarak dengan peserta lain;

8.Peserta hanya diperbolehkan membawa ATK, KTP, tanda pengenal lainnya dan kartu ujian;

9.Sebelum memasuki ruang steril akan diberikan hand sanitizer kepada peserta;

10.Peserta menunggu diruang tunggu dengan tetap menjaga jarak;

11.Peserta memasuki ruangan Tes Kesehatan; dan

12.Peserta mengambil barang dan langsung meniggalkan lokasi Tes Kesehatan.

Ketika dimintai keterangan selepas mengikuti tahap Seleksi Kesehatan, Ebsan Hezron Mandacan salah satu peserta mengatakan tahapan yang diikuti dari awal hingga akhir pelaksanaan Tes Kesehatan berjalan dengan baik dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Menurut saya tahapannya dari awal hingga akhir sangat berjalan dengan baik, dan para panitia juga baik karena dalam pelaksanaannya telah menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, saya berharap semoga kami yang mengikuti tes ini dapat lulus dan mendapatkan hasil yang terbaik,” ucap Ebsan.

#KumhamPasti

#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

1111


Cetak   E-mail