SECARA VIRTUAL, KAKANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT IKUTI EVALUASI KINERJA PELAKSANAAN ANGGARAN TRIWULAN III TAHUN 2020

5

Manokwari (14/09/2020) - Bertempat ruang kerjanya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba terlihat mengikuti Kegiatan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 yang di tayangkan secara virtual menggunakan aplikasi zoom oleh Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI.

Kegiatan diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan dihelatnya kegiatan ini oleh Kepala Biro (Kabiro) Keuangan, Wisnu N. Dewanto kepada para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas yang terhubung via aplikasi zoom dari masing-masing kantor wilayah di daerah.

"sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada saat ini, kita telah memasuki akhir triwulan ketiga dari tahun anggaran 2020. Maka dengan itu, kita perlu bersama-sama melakukan evaluasi atas kinerja pelaksana anggaran kita selama tiga triwulan ini", jelas Kabiro Keuangan.

Sehabis penyampaian maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan, dilanjut dengan pengarahan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Bambang R. Sariwanto.

Sebagaimana yang diungkap oleh Sekjen dalam laporan yang dibacakan, Realisasi Angggaran di Lingkungan Kemenkumham RI hingga saat ini telah mencapai angka 59,17 persen dari Total Pagu Anggaran sebesar Rp. 13.245.824.014.000.

Dari Total Pagu Anggaran yang telah diulas diatas, disebutkan bahwa anggaran yang telah terealisasi penggunaannya mencapai Rp. 7.837.112.914.548 dan masih menyisahkan anggaran sebanyak Rp. 5.408.711.099.452 yang harus segera direalisasikan hingga menjelang Triwulan III Tahun 2020.

Menilik pada Capaian Realisasi Angggaran di Lingkungan Kemenkumham RI hingga saat ini telah mencapai angka 59,17 persen, Sekjen sangat mengapresiasikan hal tersebut dan beliau menilai ini tentunya sebuah prestasi sudah cukup membanggakan.

"sebagian besar capaian pada kanwil sudah seperti yang diharapkan pada triwulan ke tiga", ungkap Sekjen.

Sebagaimana dalam laporan yang dibacakan oleh Sekjen, realisasi anggaran untuk tingkat kantor wilayah berhasil diboyong oleh Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah dengan mengungguli 32 Kanwil yang ada dengan torehan nilai mencapai 71, 79 persen, sedangkan untuk Unit Utama sendiri, Balitbang Kumham memimpin realisasi anggaran mencapai 69.36 persen.

Kepada kanwil yang belum memenuhi realisasi anggaran seperti yang diharapkan, Sekjen berpesan untuk bisa memaksimalkan capaian-capaian tersebut dengan baik, mengingat apa yang menjadi capaian di kanwil akan berimplikasi laporan keuangan di unit utama.

Diakhir arahannya, Sekjen berharap agar di Tahun 2020 realisasi anggaran bisa terjaga dengan baik seperti yang telah ditorehkan di Tahun 2019, meskipun disedang dilanda dengan Pandemi Covid-19.

"kita berharap kinerja tahun anggaran 2020 bisa terjaga dengan baik", harap Sekjen.

Turut hadir bersama-sama dengan Kakanwil diruang kerjanya mengikuti kegiatan di siang itu diantaranya Kepala Bagian Umum (Kabagum), Ancelina Paseru, Kabag Program dan Humas, Syaaltiel Biantong dan Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Pengelolaan Keuangan dan BMN, Adriani Gani Balanehu.

#EvaluasiKinerjaPelaksanaanAnggaran

#KumhamPasti

#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

11111

Cetak