KAKANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT, HADIR DALAM PEMBUKAAN KEGIATAN BOOTCAMP IMP TAHUN 2020

1

Manokwari, Selasa (15/09/2020) - Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba, hadir dalam kegiatan Pembukaan BootCamp Ilmuwan Muda Papua (IMP) Tahun 2020, dengan tema Pembangunan Berkelanjutan di Tanah Papua yang digelar di Mansinam Beach Hotel Manokwari.

Adapun tujuan dari kegiatan ini ialah dalam rangka peningkatan kapasitas mahasiswa/I terseleksi dari Perguruan Tinggi se-Tanah Papua tentang penelitian dan penulisan ilmiah serta memberikan pemahaman tentang Deklarasi Manokwari dan komitmen Provinsi Papua – Papua Barat tentang pembangunan bekerlanjutan di Tanah Papua

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat bekerjasama dengan Yayasan EcoNusa, yang secara langsung dibuka oleh Sekretaris Daerah Drs. Nataniel D. Mandacan.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Papua Barat juga sedang mengkaji dengan fokus sasaran memperbaharui data pembangunan dari berbagai aspek, seperti aspek geografi, kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum dan daya saing perekonomian daerah. Proses ini membutuhkan kerjasama yang baik dari berbagai pemangku kepentingan dan kontribusi dari berbagai pihak.

Lebih lanjut beliau mengatakan, peran masyarakat lebih khususnya masyarakat adat dalam pengelolaan hutan juga menjadi agenda kita bersama yang perlu diperhatikan pemerintah kedepan. Tantangan terbesar yang kita hadapi saat ini terkait penanganan dan pemulihan sosail ekonomi akibat pandemi Covid-19 melalui relokasi dan refocusing APBD Tahun 2020.

Untuk saat ini kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, kolaborasi dan kerjasama melalui inovasi dan saling memberi dukungan adalah hal yang wajib kita lakukan secara bersama-sama. Saya berharap output hasil kegiatan ini dapat terus meningkatkan petensi sumberdaya para generasi muda Papua dan juga dapat bermanfaat untuk orang banyak serta meningkatkan pembangunan di Tanah Papua.

Dalam menanggapi hal tersebut, KaKanwil menyampaikan terima kasih kepada Balitbangda yang telah mengundang Kanwil Kemenkumham dalam pembukaan kegiatan BootCamp Ilmuwan Muda Papua (IMP) Tahun 2020.

“Tentu dengan adanya kegiatan ini, kita semua akan membangun sinergitas untuk mendukung hal-hal yang berkaitan dengan Penguatan terhadap Provinsi Papua Barat menjadi Provinsi Konservasi dalam mendukung Pembangunan Bekerlanjutan, sehingga dari hasil riset yang dilakukan oleh tim peneliti muda ini, saya berharap agar dapat juga didaftarkan ke Kanwil Kemenkumham Papua Barat berdasarkan evaluasi dan penilaian dari peneliti yang telah ditugaskan untuk melakukan penelitian dan tentu juga kita akan memproses untuk mendapatkan dokumentasi di Hak Kekayaan Intelektual (HKI),” ujarnya.

“Momen yang dilakukan dalam mendorong peneliti muda ini sangat evektif, dan mereka akan menjadi Agen Pembaharu untuk memberikan sprit baru terhadap upaya dalam pengembagan dan pembangunan di Tanah Papua,” tambahnya.

#KumhamPasti

#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

22

Cetak