VIA DARING KAKANWIL KEMENKUMHAM PABAR, LAUNCHING PEMBENTUKAN POS YANKOMAS DI SELURUH UPT KEMENKUMHAM PAPUA BARAT

2

Manokwari, (28/09/2020) - Digelar secara virtual, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukun dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba menlaunching Pembentukan Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (YANKOMAS) di seluruh Unit Pelaksana Teknis Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Pelaunchingan yang dilakukan secara virtual oleh Kakanwil siang siang tadi, dihadiri oleh seluruh Ka.UPT beserta Jajarannya di UPT baik Pemasyarakatan maupun Imgirasi Se-Papua Barat.

Dalam sambutannya sebelum menlaunching secara resmi Pembentukan Pos Yankomas tersebut Kakanwil menyampaikan bahwa Pos Yankomas merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Negara kepada masyarakat yang diamanatkan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk dilakukan diseluruh jajaran Kemenkumham di wilayah Indonesia, termasuk kemenkumham Papua Barat. Oleh sebab itu, Kakanwil mengatakan bahwa para pejabat pegawai yang nantinya ditunjuk sebagai penggerak layanan tersebut di setiap UPT akan dibekali juga oleh berbagai pengetahuan mengenai pelayanan tersebut dari narasumber yang berkompeten di Jajaran Kemenkumham di Pusat.

“Sehingga pemahaman, peningkatan pengetahuan tentang pentingnya Pos Yankomas ini bisa diketahui, sebab bagaimana mungkin kita bisa mewujudkan tugas ini berjalan dengan baik kalua kita tidak memahami tugas pokok dan fungsi dari Pos yankomas ini”, Terang Kakanwil.

Dalam kesempatan itu Kakanwil juga menyampaikan bahwa dengan telah adanya Pos Pengaduan HAM di 50 gereja di Manokwari yang merupakan salah satu Inovasi yang diciptakan oleh Kanwil kemenkumham Papua Barat dalam mewujudkan pelayanan primanya di Papua Barat, hal tersebut bisa di selerasakan disemua UPT dengan melakukan sosialisasikan kesemua Pegawai di Jajaran di UPT dan diteruskan kepada masyarakat dengan berbekal pedoman yang nanti disebarkan ke semua UPT di Jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat, mengingat keluhan yang nantinya disampaikan oleh masyarakat di tiap pos yankomas pada masing-masing UPT bisa saja tidak hanya berkaitan dengan Pemasyarakat atau Keimigrasian tetapi bisa juga terkait dengan hal lainya.

“Dalam proses transparansi kinerja kita dan juga dalam juga mewujudkan akuntabilitas, pelayanan Pos Yankomas ini menjadi kebutuhan yang harus kita lakukan secara bersama-sama dengan melihat peran dan ekspetasi masyarakat terhadap kinerja kita”, Pungkasnya.

“Saya berharap lewat Pos Yankomas ini bisa menjadi bagian terperting, kalua diwaktu-waktu sebelumnya tidak ada masyarakat yang datang kita berharap ditahun ini kita juga bisa menjadi bagian untuk menyelesaikan masalah-masalah masyarakat. Untuk itu saya selaku Kepala Kantor Wilayah menyampaikan terimakasih dan penghargaan untuk setiap UPT yang akan menindaklanjuti penbentukan Pos Yankomas ini”, Tutup Kakanwil Anthonius M. Ayorbaba.

Akhirnya usai menyampaikan berbagai hal dan juga arahannya terkait dengan Pembentukan Pos Yankomas di setiap UPT nya, sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat secara resmi Pos Yankomas tersebut ia Launching siang tadi.

Adapun dalam pelaksanaannya, pelaunching Pos Yankomas yang digelar secara virtual dari Aula Kantor Wilayah, Kakanwil Anthonius M. Ayorbaba didampingi oleh Kepala Bidang HAM, Aloysius Fernandes, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Syarul dan serta para Staf JFU JFT Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

#KumhamPasti
#KanwilKemenkumhamPapuaBarat
HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

1

33

Cetak