BAHAS PRADESAIN GEDUNG BARU LAPAS SORONG, BALAI CIPTA KARYA KEMBALI LAKUKAN KONSULTASI KE KANWIL KEMENKUMHAM PABAR

1

Manokwari, (01/09/2020) - Bertempat di ruang rapat Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Papua Barat, Tim Balai Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Barat melakukan konsultasi Kembali terkait dengan proses gambar desain gedung kantor baru Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong yang sudah mendekati finising desain.

Dipaparkan oleh Suwardi salah satu dari Tim Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua Barat yang bertanggungjawab langsung dalam perancangan gedung tersebut menjelaskan perubahan dalam pradesain gedung tersebut telah dilakukan sesuai dengan hasil konsultasi yang dilakukan sebelumnya dengan KaKanwil beserta jajarannya di Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat.

Adapun perubahan yang dimaksud dalam pradesain tersebut ialah penambahan ukuran panjang Gedung utama (Kantor) kearah depan, penambahan ukuran tersebut dilakukan dengan memanfaatkan luasan pada halaman depan lapas tersebut kurang lebih 1 meter, selain memaparkan perubahan tersebut, dalam tampilan gambar pradesain melalui gambar 2 dan 3 dimensi, tim Balai Cipta Karya juga memaparkan terkait penambahan tinggi fondasi bagunan dari permukaan tanah guna menangtisipasi terjadinya banjir yang akhir-akhir ini sering terjadi di Kota Sorong.

Turut hadir dalam konsultasi tersebut yakni, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Asep Sutandar, Kepala Bagian Program dan Humas, Syaaltiel Biantong dan juga mengikuti secara virtual Kepala Lembaga pemasyarakatan Kelas IIB Sorong, Gustav N.A. Rumaikewi,

Usai menyimak pemaparan serta penjelas dari tim balai cipta karya terkait konsultasi yang dilakukan, Bambang dari Direktorak Jendral Pemasyarakatan (Dirjen Pas) yang dalam kesempatan itu hadir secara virtual juga menyampaikan beberapa masukan akan hal tersebut, ia meyampaikan bahwa dalam tahapan pembangunan nantinya diharap juga dalam asistensi gambar pradesain itu dilkakukan juga ke Dirjen Pas guna mendapat persetujuan, ia juga menyarakan guna percepatan pemabangunan Gedung tersebut proses pradesain dapat dilakukan secapatnya.

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil, Anthonius M. Ayorbaba menjelaskan bahwa pembangunan gedung kantor lapas tersebut sepenuhnya dibiayayai oleh KemenPUR.

“Pembangunan Gedung (Kantor) baru lapas sorong ini dibiayayai oleh PUR, jadi tim yang sekarang rapat dengan kami ini adalah tim Balai Cipta Karya dari PUR Provinsi Papua Barat, pembangunan Kembali bangunan Lapas sorong ini berdasarkan laporan Kakanwil kepada Menteri Hukum dan HAM, dan Menkumham mengkomunikasikan kepada Menteri PUR sehingga beberapa waktu lalu baru ada disposisi dari Menteri PUR kepada Balai Cipta Karya Papua Barat untuk melakukan proses perencanaan,” Jelas Kakanwil.

Selainya menyampaikan hal tersebut diatas, Kakanwil juga berharap adanya dukungan langsung dari Jirden Pas yang diadakan dalam anggaran dirjen pas tahun anggaran 2021 guna membantu tercapai pembangunan gedung lapas secara konferensif pasca insiden pembakaran lapas sorong tahun lalu.
“Kita tentu akan menunggu apakah anggaran PU itu hanya sebatas membangun gedung kantor dan pagar pemisah blok, itu berarti masih ada persoalan Dreinase, karena selama ini banjir di kota sorong itu berdampak ke lapas sorong. Sehingga yang kurang, kami berharap bisa dimasukan dalam anggaran 2021 dari Dirjen Pemasyarakatan untuk membantu lapas sorong sehingga pembangunannya bisa tuntas.

Adapun masukan lainnya juga disampaikan oleh Widi dari Biro Perencaan Sekretariat Jendral Kemenkumham yang menyampaikan bahwa, menggingat pembangunan Gedung tersebut seluruhnya dianggarkan oleh KemenPUR maka lapas maupun Kanwil kalau bisa agar mengidentifikasi kebutuhan lainya dalam perencaan pembangunan lapas kedepan, agar nantinya usai pembangunan yang ditanggung oleh KemenPUR berakhir, lapas bisa melakukan pembangunan kebutuhan lainya yang tidak termasuk dalam tanggunan KemenPUR berdasarakan indentifikasi tersebut.

Tanggapan serta masukan lainyanya juga disampaikan oleh Kalapas Sorong terkait dengan pembenahan bagunan blok tahanan dan fasilitas umum di sekitas lapas dan juga menyangkut dengan pengamanan yakni dinding pagar utama yang dinilai Kalapas perlu mendapat perhatian untuk dilakukan pembenahan.

#KumhamPasti
#KanwilKemenkumhamPapuaBarat
HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT “PASTI BISA”, (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)


Cetak   E-mail