KANWIL KEMENKUMHAM PABAR IKUTI SYUKURAN SERTA LAUNCHINGAN APLIKASI E-VISA DAN SIP-KUMHAM OLEH MENKUMHAM

1

Manokwari, (27/10/2020) – Usai mengikuti pelaksanaan Upacara Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM yang Ke-75 yang digelar secara Virtual melalui zoom metting dari Gedung graha pengayoman (Jakarta), Selasa (27/10) Pimpinan tinggi Pratama beserta pejabat dan pegawai Kanwil Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat berselang bebera waktu mengikuti kegiatan Syukuran dalam rangka perayaan HDKD.

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Bambang Rantam Sariwanto, dalam pembukaan acara Syukuran tersebut melaporkan bahwa rangkaian kegiatan HDKD Tahun 2020 bertemakan “Revolusi Digital” dengan logo burung Merpati yang melambangkan sikap tidak pernah ingkar janji, pembawa pesan damai, loyalitas tinggi, memiliki kemampuan navigasi yang tinggi, suka bekerja sama, dan tidak memiliki kantung empedu atau diidentikkan dengan kemampuan memaafkan dan tepa selira. Tema HDKD tahun ini merupakan gambaran semangat Kementerian Hukum dan HAM untuk melaksanakan revolusi digital pelayan publik dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Diharapkan dengan semangat ini, Kementerian Hukum dan HAM akan melakukan lompatan besar dalam hal digitalisasi pelayanan publiknya. Dan hal ini harus didukung SDM yang memiliki loyalitas yang tinggi serta pembawa damai di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan sehingga dapat bekerja dengan efisien dan efektif, mampu bersinergi dengan para stake holder serta memiliki kebesaran hati dalam menghadapi perbedaan pendapat, dan yang paling penting tidak mengingkari janjinya sebagai Aparatur Sipil Negara yang siap memberikan pelayanan yang terbaik.

Kegiatan syukuran yang digelar usai Upacara HDKD juga dirangkaikan dengan pelaunching aplikasi E-Visa dan SIP-Kumham Menteri Hukum dan HAM sebagai awal berjalannya revolusi digital Pelayaan Publik Kumham.
Menkumham menjelaskan bahwa Penerapan layanan visa elektronik ini diharapkan dapat membawa pesan positif pada dunia luar, bahwa Indonesia telah melakukan reformasi birokrasi dan siap menjadi tujuan investasi. Hal ini tentu saja sejalan dengan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi melalui akselerasi investasi atau penanaman modal asing yang akan menciptakan lapangan kerja baru dan juga akselerasi dalam bidang kunjungan wisatawan asing ketika saatnya nanti pandemi sudah berakhir.

Selain Aplikasi E-Visa, Menkumham juga menjelaskan bahwa Pelaunchingan lainya yaitu Aplikasi SIP-Kumham merupakan database permasalahan hukum dan HAM pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence yang memadukan teknologi Crawlingdan Machine Learningdari kurang lebih 80 Media online dan media sosial Twitter dari Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM sehingga menghasilkan data yang komprehensif dan realtime.

Menutup sambutannya dalam kegiatan syukuran serta pelauchingan kedua Aplikasi tersebut, dalam pelaksanaan acara siang itu Menkumham juga menyerahkan penghargaan kepada 22 individu dan 20 lembaga/instansi yang memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM serta menyerahkan penghargaan kepada 12 ASN Kementerian Hukum dan HAM yang memiliki prestasi dan kinerja yang membanggakan serta memberikan sumbangsih besar bagi kemajuan organisasi.

#KumhamPasti
#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)


Cetak   E-mail