PENUTUPAN PELATIHAN TUKANG BANGUNAN UMUM, GUBERNUR DAN KETUA SINODE GKI PAPUA APRESIASI DUKUNGAN INSTRUKTUR DARI KEMENKUMHAM PABAR

PELATIHAN

Manokwari, (28/10/2020) – Pelatihan dan uji Sertifikasi Tukang bangunan umum Angkatan III yang di selengarakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura bekerjasama dengan GKI Sinode Papua dan Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat sore tadi resmi di tutup Gubernur Provinsi Papua Barat.

Kegiatan pelatihan tersebut dilakukan selama delapan hari dimulai sejak tanggal 20 hingga 28 Oktober 2020 itu diikuti oleh Peserta didik sebanyak 32 orang yang merupakan warga jemaat GKI Petrus Amban Manokwari. Pelatihan yang berlangsung selama 8 hari itu di dilakukan dilingkungan GKI Petrus Abam dengan melibatkan 4 Pegawai (Petugas Pemasyarakatan) dari Jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat sebagai Instruktur dalam pelaksanaan pelatihan tersebut.

Keempat Istruktur itu ialah Robert Katiop dari Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari, Hendra Palobo, Franco Ruhulesin dan Rivandi dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari, Para instruktur tersebut telah bersetifikat dan diakui keahliannya oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura sebagai tenaga instruktur mandor mandiri.

Gubernur Provinsi Papua Barat yang diwakili oleh Asisten II Setda Provinsi Papua Barat dalam sambutannya saat menutup pelatihan tersebut menyampaikan bahwa, Gubernur sangat mengapresiasi pelatihan yang diadakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura yang bekerjasama dengan Sinode GKI di Tanah Papua dan juga Kemenkumham Papua Barat yang telah membantu melalui Instrukturnya yang berkompeten untuk mendidik para peserta tersebut.
“Kerjasama ini kedepan perlu ditingkatkan agar putra-putri Papua dan Papua Barat dapat dilatih dan memilki skil sehingga mampu bersaing dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Papua Barat”. Sambut gubernur Papua barat.

Demikian hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, Pendeta Andrikus Mofu atas Kerjasama dan Sinergitas antara Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura dan Kemeterian Hukum dan HAM Papua Barat, dengan telah terlatihnya para peserta sebagai tukang bangunan baik tukang Kayu maupun tukang Batu diharapkan kedepan para jemaat Gereja Petrus Amban ini mendapatkan kesempatan dan peluang untuk bersaing dalam pembangunan di papua barat.

Ketua Sinode GKI di Tanah Papua juga menyampaikan bahwa selain melakukan Sinergitas dan kerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura dalam rangka pemajuan SDM Jemaat GKI di Tanah Papua dalam bidang konstruksi pembangunan, Sinode GKI di Tanah Papua juga telah bekerjasama dengan Kemenkumham Papua Barat dalam penegakan Hukum dan HAM di Papua Barat.

“Selain berkerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura, kita juga sudah bekerjasama dengan Kemenkumhmam Papua Barat untuk Paralegal dan kita akan buka Pos Pengaduan HAM di seluruh wilayah, sehingga persoalan hukum dan HAM yang dihadapi oleh jemaat, kedepan akan ada tempat yang bisa dijadikan saluran untuk disamapaikan. Ungkap Ketua Sinode GKI di Tanah Papua.

Sementara itu, dalam sambut Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura yang diwakili oleh Kordinator Wilayah, Iryanto asfar menyampaikan bahwa dengan telah dilakukannya Pelatihan dan uji Sertifikasi Tukang bangunan umum dari Angkatan I hingga Angkatan yang ke III ini, tindak lanjut dari pelatihan tersebut Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura berharap para peserta yang telah dilatih (Perorangan/Individu) dapat menerapkan kemampuannya untuk peningkatan kesejaterannya maupun memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat secara luas.
Capaian keberhasilan dari kegiatan pelatihan tersebut ditandai dengan penyerahan Sertifikat Tukang bangunan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura kepada para peserta.

Menanggapi keberhasilan itu, sang inisiator kegiatan pelatihan tersebut yakni Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba merasa terharu dan bangga atas keberhasilan pelaksanaan pelatihan tersebut, dengan Kakanwil mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresia dukungan-dukungan yang diberikan oleh semua pihak sehingga pelaksanaan pelatihan dan uji Sertifikasi Tukang bangunan umum Angkatan III dapat berlangsung baik dan memberikan maanfaat dalam peningkatan SDM khususnya dibidang jasa konstruksi bagi Pemuda jemaat GKI Petrus Amban.
“Kesuksesan ini menjadi bukti bahwa jemaat sangat antusias mengirimkan anggota jemaatnya untuk mengikuti pelatihan tersebut, untuk itu saya selaku kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat mengucapkan Terimakasi dan Apresia atas dukungan dari Bapak Gubernur Papua Barat serta Ketua Sinode GKI di tanah Papua juga Asisten II dan Pimpinan OPD yang hadir dalam penutupan pelatihan ini, saya juga menyampaikan Terimakasi dan Apresia kepada Badan Pekerja Klasis Manokwari serta majelis jemaat GKI Petrus Amban yang sudah memberikan dukungan dan bergerak cepat mempersiapan sehingga pelatihan ini bisa dilakukan” Ungkap Kakanwil Anthonius M. Ayorbaba.

“Kami Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat juga menyampaikan Terimakasi dan Apresia atas dukungan penuh serta ijin dari Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura, karena Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura memberikan dukungan untuk 4 Instruktur kita untuk dipakai dalam pelatihan ini, itu menjadi sesuatu yang sangat membanggakan bahwa petugas-petugas Pemasyarakatan telah melakukan kemampuan profesionalismenya dibidang jasa Konstruksi ini untuk mendukung pemuda Gereja dalam pelatihan ini. Tambahnya.

Dengan dilakukannya elvaluasi atas berjalannya pelatihan ini dari angkatan pertama hingga akan memasuki Angkatan 4 pada 2020 ini, Kakanwil berharap Balai Jasa Konstruksi bisa memberikan pelatihan dalam bentuk peningkatan untuk instruktur mandiri dan juga untuk pelatihan-pelatihan lain di tahun 2020.

Lebih lanjut Kakanwil juga berharap dengan kesuksesan dalam pelatihan ini, Kerjasama terus dilakukan dengan bekerja Bersama-sama untuk membawa perubahan dan kemajuan di Provinsi Papua Barat.

Adapun dalam pelaksanaan Penutupan Pelatihan dan uji Sertifikasi Tukang bangunan umum Angkatan III yang berlangsung di Gereja Petrus Amban itu turut dihadiri juga oleh Rektor Universitas Papua (UNIPA) Manokwari, Meky Sagrim dan juga Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Papua Barat yakni Kepala Divisi Pemasyarakatan, Asep Sutandar dan Kepala Divisi Keimigrasian, Pamuji Raharja.

#KumhamPasti
#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)


Cetak   E-mail