SERAHKAN CPNS, KAKANWIL : SEBAGAI PELAYAN MASYARAKAT, BEKERJALAH DENGAN IKHLAS, UTAMAKAN DISIPLIN DAN PROFESIONAL

WhatsApp Image 2021 01 21 at 15.19.50 1

Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, Slamet Prihantara

 Manokwari (21/01/2021) - Bertempat di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bintuni, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara telah menyerahkan secara simbolis CPNS Tahun Anggaran 2019/2020 kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi yang mendapatkan alokasi CPNS.

Dalam sambutannya dihadapan pegawai yang menyaksikan penyerahan CPNS ini secara langsung di Rutan Bintuni maupun virtual menggunakan aplikasi zoom bagi UPT yang berada di luar Kabupaten Teluk Bintuni,  Kakanwil mengatakan bahwa menjadi PNS merupakan impian banyak orang, sehingga anda (CPNS) patut mensyukuri hal ini dan memberikan kinerja terbaik kepada masyarakat dan instansi sebagaimana yang diamanatkan didalam Pancasila dan UUD  Negara Republik Indonesia 1945.

“Menjadi PNS adalah merupakan keinginan orang banyak, sehingga berbahagialah telah di percayakan dan di angkat menjadi CPNS, Ingat !!! Tidak semua orang bisa mendapatkan SK ini. Sehingga harus disyukuri dengan memberikan kinerja terbaik, Anda di harapkan dapat menjadi pelayan masyarakat yang Paripurna sesuai dengan tuntutan masyarakat dan senantiasa mencerminkan kesetiaan kepada Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945.”, ujar Kakanwil dalam sambutan tertulis yang dibacakan.

Tidak lupa, beliau juga berpesan kepada CPNS untuk jangan dulu berpuas diri dengan status CPNS yang melekat saat ini, mengingat mereka masih dalam masa percobaan yang sewaktu-waktu bisa tidak diangkat menjadi PNS apabila terbukti melanggar aturan yang ditetapkan.

“Sebagai langkah awal, tentunya para CPNS Tahun 2019 sekalian tidak boleh berpuas diri dengan pencapaian sekarang. CPNS merupakan status masa percobaan. Apabila dalam percobaan tidak bisa menunjukan integritas, disiplin, loyalitas dan kompetensi yang memadai, maka tidak akan diangkat menjadi PNS.”, pesan Kakanwil kepada CPNS.

Kepada CPNS yang ditempatkan di UPT Pemasyarakatan, beliau menegaskan untuk Jangan sekali-kali, baik sekecil apapun melakukan tindak pidana, terkhusus saudara yang akan bertugas di UPT Pemasyarakatan, ada 3 point yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Problem Solver, bagaimana kita bisa menyelesaikan suatu masalah dengan baik;
  • Bersikap Positif, memberi contoh perilaku positif agar dapat merubah pandangan public terhadap Pemasyarakatan;
  • Komunikasi, selalu mengedepankan komunikasi agar selalu bisa bekerjasama dengan baik, terutama Kerjasama internal maupun ekternal;

Diakhir sambutannya, Kakanwil mengingatkan CPNS untuk selalu bekerja melayani masyarakat dengan mengamalkan tata nilai yang selalu didengungkan oleh Kemenkumham yaitu “PASTI”, (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif).

“Bekerjalah dengan ikhlas, utamakan disiplin dalam bekerja dan profesional karena anda adalah pelayan masyarakat. Saya ingatkan kepada seluruh CPNS, tidak diperbolehkan mengajukan usul pindah tugas. Jadilah pelayan dan abdi masyarakat yang baik yang Siap mengabdikan diri kepada bangsa dan negara demi melayani masyarakat dimanapun ditugaskan.”, pungkasnya. 

Sebagai salah satu UPT Pemasyarakatan di Papua Barat, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari mendapatkan alokasi CPNS sebanyak 9 orang. Menyikapi hal ini, Kepala Lapas (Kalapas) Manokwari, Yulius Paath menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenkumham yang telah mengalokasi CPNS sebanyak 9 orang dijajarannya.

“selaku Kalapas Manokwari, berterima kasih kepada pimpinan Kementerian Hukum daN HAM yang telah mengalokasikan CPNS Tahun 2019 ini sebanyak 9 orang di Lapas Manokwari. Baik dari Pusat maupun Kantor Wilayah yang sudah mengalokasikan. Karena denga adanya penambahan CPNS ini memperkuat Lapas Manokwari yang memang kebetulan untuk regu pengamanan itu sangat kurang regu penjaga tahannya. Jadi sekali lagi kami berterima kasih, semoga kita bisa memperkuat kinerja, khusunya lebih mampu lagi menangani persoalan kemanan dan ciptakan kondisi yang aman dan tertib di Lapas Manokwari”, ujar Kalapas Manokwari seraya berterima kasih.

Ketika dimintai tanggapan selepas acara penyerahan CPNS, Willy Tulus salah satu CPNS yang mendapat tempat tugas di Lapas Manokwari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Papua Barat sekaligus siap memberikan kinerja terbaik bagi Kanwil Kemenkumham Papua Barat secara khusus Lapas Manokwari.

“setelah dilakukannya penyerahan kami ke Lapas Kelas IIB Manokwari, kami siap membuat perubahan yang lebih baik di Lapas Kelas IIB Manokwari. Terima kasih untuk bapak Kakanwil Papua Barat telah melakukan penyerahan kami ke UPT masing-masing”,

Berdasarkan data yang diperoleh dari Sub Bagian Kepegawaian, ada sebanyak 49 CPNS Tahun Anggaran 2019/2020 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat yang diserahkan keberapa UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi serta Kanwil. Adapun alokasinya penempatanya sebagai berikut:

  • Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat : 8 Orang
  • Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari : 9 Orang
  • Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sorong: 6 Orang
  • Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Fak-Fak; 3 Orang
  • Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong : 5 Orang
  • LPKA Kelas II Manokwari : 2 Orang
  • RUTAN Kelas IIB Bintuni : 6 Orang
  • LPP Kelas III Manowari : 3 Orang
  • LAPAS Kelas III Kaimana : 3 Orang
  • LAPAS Kelas III Teminabuan : 4 Orang

Tamu undangan yang hadir mengikuti penyerahan CPNS secara simbolis di Rutan Bintuni diantaranya Para Pimpinan Tinggi Pratama (Pimti), Pejabat Administrator dan Pengawas, JFT dan JFU pada Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Kepala Rutan Kelas IIB dan Staf pada Rutan Kelas IIB Bintuni.

#PenyerahanCPNS

#CPNSKemenkumham

#KumhamPasti

#KanwilKemenkumhamPapuaBarat

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong

2

LPKA Kelas III Manokwari

2

Penyampaian Laporan Penyerahan CPNS oleh Kabag Umum, Ancelina Paseru

2

Dari Kiri-Kanan : Kadiv Pemasyarakatan, Kakanwil dan Kadiv Keimigrasian

2

Foto bersama Kakanwiil, Para Kepala Divisi dan Kabagum dengan CPNS di Rutan Kelas IIB Bintuni

2

Tayangan Virtual Aplikasi Zoom

WhatsApp Image 2021 01 21 at 15.09.13 1

Lapas Kelas IIB Manokwari

sorong

Lapas Kelas IIB Sorong 

temi 2

Lapas Kelas III Teminabuan


Cetak   E-mail