BERIKAN PENGUATAN TUSI PADA LAPAS DAN BAPAS FAK-FAK, KAKANWIL: PERLU DETEKSI DINI UNTUK MENJAGA MARWAH PEMASYARAKATAN

1

Fak-Fak (29/01/2021) – Pada hari kedua kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara di Kabupaten Fak-Fak. Kakanwil yang didamping Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Masjuno serta Kepala Bagian Program dan Humas (Kabag PH), Syaatiel Biantong menyempatkan diri memberikan arahan dan penguatan kepada seluruh pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Fakfak dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Fak-Fak terkait dengan Tusi serta Target Kinerja B03 Kemenkumham yang dihelat di Aula Lapas Fak-Fak.

Kegiatan diawali dengan laporan dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Fakfak, Bejo tentang kondisi Lapas Fak-Fak serta jumlah pegawai di jajarananya dan juga Bapas Fak-Fak.

Dalam arahannnya, Kakanwil menyampaikan tiga hal yang harus dilakukan oleh seluruh Jajaran Pemayarakatan sebagai kunci sukses dari Pemasyarakatan, diantaranya, lakukan deteksi dini.

 “Ini tidak hanya dilakukan oleh rekan-rekan yang bertugas di Lembaga Pemasyarakatan maupun Rumah Tahanan Negara, namun ini juga dilakukan oleh rekan-rekan yang betugas di Balai Pemasyarakatan, yang perlu dilakukan yakni mengamati, mengawasi sekaligus bagaimana kita menjaga marwa Pemasyarakatan melalui deteksi dini”, ucap Kakanwil.

Kemudian beliau menambahkan pemberantasan peredaran narkoba didalam Lapas, Rutan dan Bapas perlu menjadi prioritas utama jajaran Pemasyarakatan. Perlu adanya komiten dan konsistensi bersama dalam menggatasi hal ini.

Terakhir yang tidak kalah penting, beliau menekankan adanya sinergitas yang harus tetap berjalan baik antar sesama petugas, sesama instansi, ataupun aparat penegak hukum dan stakeholder pendukung setiap kinerja pembinaan dan pelayanan penyelenggaraan Pemasyarakatan, termasuk membangun sinergi dengan media informasi publik.

Senada dengan Kakanwil, dalam arahan yang disampaikan Kadivpas, beliau juga menyampaikan terkait sinergitas bersama media, hal ini menjadi penting karena kita sekarang ada diera informasi digital, mulai dari sekarang mari bersama-sama meningkatkan  kemampuan kita dalam mengelola informasi.

Humas memiliki peran dalam menciptakan citra baik organisasi , mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada publik, stakeholder  ataupun para investor.

"Ia (humas) bertugas mengedukasikan kepada khalayak serta memperkenalkan kelebihan serta keunggulan sebuah organisasi dengan adanya peran dari kehumasan, ketika satu unit UPT tidak memiliki fungsi kehumasan maka dipastikan UPT tersebut tidak banyak diketahui masyarakat apa yang telah dikerjakan. Maka peran humas sangat penting di sebuah organisasi", tegas Masjuno.

Sementara itu, Kepala Bagian Program dan Humas turut pula menyampaikan  terkait pelaporan tentang Target Kinerja B03, laporan Smart, E-Monev dan Lakip agar dilaporkan tepat waktu sehingga pada saat diverifikasi dapat memperoleh penilaian yang baik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Bapas (Kabapas) Fak-Fak,Angganetha Aragai dan beberapa pejabat dan staf dari Lapas Fak-Fak dan Bapas Fak-Fak.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT “PASTI BISA” (Berwibawa, Inspiratif, Santun, dan Amanah)

5

2

3

4

 


Cetak   E-mail