KANWIL KEMENKUMHAM PABAR IKUTI PEMBUKAAN KEGIATAN EVALUASI CAPAIAN INDIKATOR KINERJA PELAKSANAAN ANGGARAN T.A 2020

1

Manokwari, (16/02/2020) - Pimpinan Tinggi Pratama (Pimti) Kanwil Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Papua Barat bersama jajaran pada Subbagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) sore tadi menghadiri undangan virtual kegiatan pembukaan Evaluasi dan Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2020 Kanwil Kemenkumham.

Kegiatan yang digelar melalui zoom meeting tersebut diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM  RI. Kepala Biro Keuangan Wisnu Nugroho Dewanto, dalam sambutan sekaligus memaparkan evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2020 terkait Realisasi Anggaran hingga Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA).

Dari hasil evaluasi tersebut ia menjelaskan bahwa guna terwujudnya pelaksanaan anggaran yang lebih baik lagi pada tahun ini (2021), menurutnya terdapat langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2021 yang perlu dilakukan.

Langkah tersebut diantaranya ialah melaksanakan review atas dipa dan rencana kegiatan, melaksanakan revisi anggaran, memperhatikan ketepatan waktu penyelesaian tagihan, mengantisipasi dan menyelesaikan pagu minus, melakukan pengendalian UP dan TUP agar tepat waktu, menyampaikan Data Supplier dan Data Kontrak tepat waktu, melaksanakan rencana kegiatan dan rencana penarikan dana sesuai dengan jadwal, mengajukan SPM ke KPPN sesuai dengan rencana penarikan dana yang telah disampaikan, melakukan pemutakhiran data rencana penarikan dana, mengajukan permintaan pembayaran untuk KPPN sesuai dengan RPD yang tercantum di Halaman III DIPA, dan melakukan update rencana penarikan dana pada Halaman III DIPA sesuai jadwal pada tiap triwulan.

Diakhir pemaparannya, Kepala Biro Keuangan menyampaikan bahwa dengan dibukanya kegiatan evaluasi tersebut  dan juga dengan dilakukanya langkah-langkah strategis yang telah dipaparkan diharapkan Kemenkumham pada tahun ini pelakasanaan anggarannya semakin baik lagi.

“Pada tahun ini kita berharap IKPA kita secara Nasional tetap diatas rata-rata, sehingga kita bisa mempertahan predikat sebagai Kementerian dengan Kinerja Pelaksanaan Anggaran terbaik”. Tutupnya.

Adapun para Pimti Kanwil Kemenkumham Papua Barat maupun pejabat dan pegawai yang hadir mengikuti kegiatan tersebut yakni Kepala Kantor Wilayah, Slamet Prihantara, Kepala Divisi Administrasi, Piet Bukorsyom, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Masjuno, Kepala Divisi Keimigrasian, Pallawarukka serta Kabid Hukum, Nelly H. Marani, Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Buono A. Sucipto, Kasubbag Pengelolaan Keuangan dan BMN, Andriani G. Balanehu dan para staf Keuangan dan BMN.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)


Cetak   E-mail