SINERGITAS BERSAMA "INI" PAPUA BARAT, KAKANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT LAUNCHING "APELARIS PABAR" APLIKASI PELAPORAN NOTARIS BERBASIS WEB

1

Sorong, (21/04/2021) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat Slamet Prihantara didampinggi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (KaDiv Yankum) Alex C.Pinem serta Ketua Pengurus wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Papua Barat Christina E Yonathan pagi tadi Melaunching Aplikasi Pelaporan Notaris Papua Barat berbasis Website yang dinamakan “APELARIS PABAR”.

Pelaunchingan Aplikasi yang digelar diruang pertemuan Hotel vega Kota sorong itu dihadiri dan disaksikan langsung oleh seluruh Notaris Wilayah Papua Barat baik yang hadir langsungdi ruang pertemuan maupun yang menyaksikan secara Virtual melalui Zoom Meeting.

Dalam sambutannya sebelum melaunching Aplikasi tersebut, Kepala Kantor Wilayah Slamet Prihantara menyampaikan bahwa dengan makin berkembangnya teknologi informasi dan sistem informasi yang demikian pesat diera globalisasi ini, Kanwil Kemenkumham Papua Barat bersama Pengurus Ikatan Notaris Indonesia Papua Barat bersinergi menciptakan Sistem Pelaporan Notaris Papua Barat yang bertujuan memudahkan Notaris dalam penyampaian laporan bulanan.

“Dimana aplikasi ini menjawab suatu persoalan yang berkaitan tentang jarak dan waktu dalam hal ini terkait Laporan Notaris setiap bulannya, sebelumnya Notaris disetiap bulannya melaporkan melalui surat menyurat ke Kanwil Kemenkumham Papua Barat mengenai laporan bulanan Notaris namun dengan adanya APELARIS PABAR Notaris dapat melaporkan melalui aplikasi ini secara online”. Terang Kakanwil terkait manfaat Aplikasi tersebut. Dalam kesempatan itu selaku Ketua Pengurus wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Papua Barat, Christina E. Yonathan juga menyampaikan bahwa kolaborasi yang dilakukan dengan Kanwil Kemenkuham Pabar dalam meciptakan sistem ini guna memudahkan seluruh anggota Notaris di Papua barat dalam penyampaian laporan notaris ke Kantor Wilayah.

“Diharapkan dengan adanya Aplikasi Pelaporan ini rekan-rekan notaris dapat menyampaikan laporan bulanannya lebih mudah, efisien dan juga tertib”. Pungkas Cristina.

Dengan telah dilaunchingnya aplikasi Apelaris ini, Cristina berharap pemanfaatan Aplikasi segera difungsikan dengan melakukan Proses registrasi pendaftaran Akun bagi tiap Notaris di Papua Barat sehingga pelaporan bulanan Notaris dapat berjalan sesuai dengan tujuan utama diadakan aplikasi tersebut.

Setelah pelaunching Aplikasi tersebut, pengunaan Aplikasi APELARIS PABAR ini juga dikenalkan kepada para Notaris dan didemokan pengunaannya melalui Tutorial pengunaan Aplikasi tersebut diakhir kegiatan.

Turut hadir dalam pelaksanaan pelaunchingan Aplikasi APELARIS PABAR pagi itu diantaranya, Kepala Divisi Imigrasi Pallawaruka, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Yulius Manurung, Ka.Subbid Administrasi Hukum Umum Soleman Lilingan, Ka.Subbid Pelayanan Kekayaan Intelektual serta para staf Div Yankum juga undangan dari Akademisi maupun Biro Hukum Provinsi Papua Barat.

HUMAS KEMENKUMHAM PABAR "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)


Cetak   E-mail