SEKJEN KEMENKUMHAM MEMBUKA SECARA RESMI LATSAR CPNS TAHUN ANGGARAN 2021

2

Manokwari (21/04/2021) - Sebanyak 4.776 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Tahun Anggaran 2019/2020, termasuk 49 CPNS di Lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Papua Barat, pagi tadi (Rabu, 21/04) telah mengikuti Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2021 di Lingkungan Kemenkumham.

Kegiatan yang ditayangkan secara langsung dari Kantor Kemenkumham yang berlokasi di Jalan HR. Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan Jakarta Selatan ini, disaksikan oleh CPNS dari masing-masing Kanwil dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di wilayah NKRI secara virtual via aplikasi zoom, dibuka secara resmi oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) yang diwakilkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K, M.H.

Dalam sambutan tertulis Menkumham yang dibacakan, Sekjen dengan tegas meminta kepada 4.776 CPNS Tahun Anggaran 2019/2020 di Lingkungan Kemenkumham untuk memahami Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil agar dapat diangkat menjadi PNS dengan memahami beberapa ketentuan dan kualifikasi.

Adapun Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 yang ditegaskan oleh Sekjen yang terdapat di dalam Pasal 34 Ayat (1) sampai (5) yaitu:

1) CPNS wajib menjalani masa percobaan selama satu tahun;

2) Masa percobaan yang dimaksud ayat (1) merupakan masa prajabatan;

3) Masa prajabatan meliputi proses pendidikan dan pelatihan;

4) Proses pendidikan dan pelatihan dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme, serta kompetensi bidang;

5) Pendidikan dan pelatihan hanya dapat diikuti satu kali.

"Ayat kelima ditegaskan pendidikan dan pelatihan hanya dapat diikuti satu kali. Saya ulangi lagi, hanya dapat diikuti satu kali dan besar harapan untuk kalian dapat lulus semua karena bagi peserta yang tidak lulus tidak dapat mengulang Pelatihan Dasar CPNS pada Gelombang berikutnya.", tegas Sekjen.

Beliau berharap kehadiran CPNS ini dapat mendorong kinerja Kemenkumham menjadi lebih baik lagi dengan tetap berpedoman pada Tata Nilai PASTI Kemenkumham.

"Saya berharap kepada Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM untuk memiliki integritas tinggi dan mengamalkan nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif (PASTI) agar mampu mendorong kinerja Kemenkumham, kalian adalah orang-orang terpilih melalui seleksi yang ketat, bersih dan transparan, maka tunjukkan bahwa saudara-saudara disini adalah orang-orang pilihan.", harap Menkumham dalam sambutan tertulis yang dibacakan.

Sebagai salah satu CPNS dari Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Sariman ketika dimintai keterangan selepas mengikuti pembukaan latsar berharap dapat mengikuti kegiatan latsar bersama teman-teman CPNS dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir.

"Harapan saya sebagai salah satu peserta latsar mewakili teman-teman CPNS Kanwil Papua Barat, semoga latsar yang kami (CPNS) jalani ini bisa berjalan lancar dan kami juga berharap dukungan dari atasan-atasan kami yang berada di kanwil untuk mensupport kami dalam mengikuti latsar ini", harap Sariman.

"Karena ini merupakan suatu jalan bagi kami untuk bisa menjadi ASN di Kementerian Hukum dan HAM dan kami juga memohon doa dari para Pimti dan senior yang ada untuk bisa melewati latsar ini dengan baik", pungkasnya.

Sesuai dengan persetujuan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 1649/D.3/PDP.03.05 tanggal 23 Maret 2021 tentang Penyelenggaran Pelatihan Dasar CPNS, selama 70 hari nantinya para CPNS ini akan menempuh latsar yang dikemas kedalam beberapa tahapan pelatihan/pembelajaran jarak jauh dalam kondisi darurat Pandemi Covid-19, yakni Pembelajaran Online (Sistem E-Learning) dengan durasi waktu 35 hari, Aktualisasi dan Habituasi selama 30 hari serta Ujian selama 5 hari.

Adapun tujuan dilaksanakan latsarnya yaitu untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pengetahuan dasar tentang penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasi kepada para CPNS agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyrakat.

Turut hadir di Aula II Kanwil Kemenkumham Papua Barat mengikuti Kegiatan Pembukaan Latsar CPNS, diantaranya Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Piet Bukorsyom, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Manokwari, Yulius Paath dan Kepala Lapas Perempuan, Engelina Haekubun.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

1

3

4

5

6

7

8

10

9


Cetak   E-mail