JELANG UPACARA PERINGATI HBP Ke-57, KANWIL KEMENKUMHAM PABAR SERTA JAJARAN PAS IKUTI RANGKAIAN KEGIATAN DARING DIRJEN PEMASYARAKATAN

1

Manokwari, (26/04/2021) – Jelang Pelaksanaan upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) yang Ke 57 Tahun pada selasa 27 April Besok, Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham Papua Barat) ikuti secara daring sejumlah rangkaian kegiatan “Menuju 57 Tahun Pemasyarakatan” yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham RI.

Kegiatan 'Menuju 57 Tahun Pemasyarakatan' tersebut merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan HBP Ke-57 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Kegiatan yang mengangkat tema 'Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan PASTI Maju' tersebut diadakan secara virtual dan diikuti oleh jajaran Pemasyarakatan baik Kantor Wilayah maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan diseluruh Wilayah Indonesia.

Adapun pelaksanaan Kegiatan tersebut diawali dengan Prison Art Show, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video 'Menuju 57 Tahun Pemasyarakatan' dan diLaunching nya label produk narapidana, Buku 57 Tahun Pemasyarakatan, Buku Kumpulan '57 Cerita Penjara', dan serta Pemasyarakatan TV (PAS TV).

Selain diisi dengan dengan sejumlah acara dalam kegiatan yang disaksikan secara daring itu, kegiatan juga diisi dengan penyampaian sambutan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Mahfud MD). Adapun sambutan yang disampaikan beliau terkait apresiasinya atas pelaksanaan rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-57 yang telah turut serta meberikan kontribusi kepada negara.

"Kami mengapresiasi pelaksanaan Rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-57. Utamanya pada program One Day One Prison's Product. Karena dengan kegiatan tersebut, selain mengkampanyekan produk dengan gerakan membeli hasil karya warga binaan, juga telah memberikan kontribusi pada Penerimaan Negara Bukan Pakak (PNBP) pada negara, terlebih di tengah masa sulit Pandemi Covid-19." Ungkap Mahfud MD.

Dalam pelaksanaan acara tersebut juga diumumkan beberapa Unit Pelakasana Teknis Pemasyarakat yakni Lapas, Rutan, LPP, dan LPKA yang tersebar wilayah Indonesia dinilai Dirjen oleh Pemasyaratan beberapa UPT dianugrahi sebagai UPT Pemasyarakatan terbaik pada tahun ini, hal itu tersebut berdasarkan penilaian yang telah dilakukan dari sisi Kinerja, Pelayanan, Pembinaan, Inovasi maupun Pemanfaatan TI dilingkungan UPT masing-masing. Turut serta menghadiri kegiatan tersebut melalui zoom meeting dari Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat yakni Kepala kantor Wilayah (Slamet Prihantara), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Masjuno), Kepala Divisi Administrasi (Piet Bukorsyom), Kepala Divisi Imigrasi (Pallawarukka), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Alex C. Pinem) serta para Pejabat Pegawas, Ka.UPT maupun pegawai Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)


Cetak   E-mail