KANWIL KEMENKUMHAM PABAR IKUTI PEMBUKAAN KEGIATAN MONITORING EVALUASI CAPAIAN IKPA TRIWULAN I TA 2021

1

Manokwari, (06/05/2021) - Pimpinan Tinggi Pratama (Pimti) Kanwil Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Papua Barat serta jajaran pada Subbagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) ikuti secara virtual pembukaan kegiatan Monitoring Evaluasi Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Triwulan I Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan virtual yang digelar melalui zoom meeting tersebut diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM RI dan di Ikuti juga oleh beberapa Kantor Wilayah Kemenkumham beserta Satkernya dibeberapa wilayah Indonesia. Kepala Biro Keuangan Wisnu Nugroho Dewanto, dalam sambutan sekaligus menyampaian paparannya tentang Monitoring Evaluasi Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Triwulan I Tahun Anggaran 2021 meliputi Realisasi Anggaran Kemenkumham Per Jenis (Belanja dan dana), Realisasi Anggaran Program Unit Eselon I juga Kantor Wilayah, Realisasi PNBP Kemenkumham.

Lebih lanjut KaBiro Keuangan juga memaparkan terkait dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran meliputi, Reformulasi IKPA 2021, Penyesuaian Bobot IKPA 2021 (IKPA KEMENKUMHAM, IKPA UNIT ESELON I DAN KANWIL). Dalam pemaparanya beliau juga menyampaikan beberapa point terkait dengan Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021.

“Ada enam langkah strategis dalam pelaksanaan anggaran yang perlu diperhatikan diantaranya penyusunan skala prioritas kegiatan yang dibiayai oleh PNBP, percepatan pelaksanaan kegiatan dan penyelesaian pekerjaan yang belum diselesaikan, segera melakukan pertanggungjawaban anggaran kegiatan yang telah selesai dilaksanakan”. terangnya.

Kemudian, adalah memberikan teguran dan sanksi kepada pihak ketiga yang terlambat dalam penyelesaian pekerjaan sesuai kontrak, segera mengajukan tagihan sesuai dengan termin/jadwal pembayaran yang tercantum dalam kontrak, dan berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk segera mengajukan permintaan pembayaran atas pekerjaan yang telah dilaksanakan dan memberikan teguran bagi pihak ketiga yang terlambat mengajukan permintaan pembayaran. Jelas Kabiro Keuangan dalam pemaparanya.

Diakhir pemaparannya, Wisnu menyampaikan bahwa dengan dibukanya kegiatan ini dan juga dengan dilakukanya langkah-langkah strategis yang telah dipaparkannya diharapkan semua jajaran dapat bersama sama mendorong tercapainya target serapan anggaran di Triwulan ini.

Adapun para Pimti Kanwil Kemenkumham Papua Barat maupun pejabat dan pegawai yang hadir mengikuti kegiatan tersebut yakni Kepala Kantor Wilayah Slamet Prihantara, Kepala Divisi Administrasi Piet Bukorsyom, Kepala Divisi Pemasyarakatan Masjuno, Kepala Divisi Keimigrasian Pallawarukka serta Kepala Bagian Umum Anchelina Paseru, Kasubbag Pengelolaan Keuangan dan BMN, Andriani G. Balanehu dan juga para staf Keuangan dan BMN Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

Cetak