JELANG HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H, KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT GELAR TAUSIYAH BERSAMA JAJARAN

1

Manokwari, (10/05/2020) – Memasuki minggu terakhir di Bulan suci Ramadhan Tahun ini Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat pagi tadi mengelar kegiatan Tausiyah Ramadhan bersama seluruh Pejabat pegawai Muslim baik dari Kantor Wilayah maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah Kabupaten Manokwari.

Kegiatan tausiyah yang digelar di Aula Kantor Wilayah I Kanwil Kemenkumham Papua Barat pagi itu diawali dengan sambutan dari Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Slamet Prihantara yang dalam sambutan nya beliau mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan/Nafas yang sudah diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua hingga saat ini dan tak lama lagi akan berpisah dengan bulan suci Ramadhan yang penuh barokah ini.

 Usai sambutan singkat Kakanwil, Siraman rohani berupa Tausiyah disampaikan oleh ustadz Sanusi selaku penceramah. Dihadapan para pegawai juga pejabat yang hadir pagi itu Ustadz Sanusi menyampaikan tausiyahnya terkait dengan keistimewaan bulan suci Ramadhan dan ibadah wajib dan sunnah yang dianjurkan selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

 “Bulan suci Ramadhan memang memiliki banyak keistimewaan, sehingga sungguh sayang jika dilewatkan tanpa memperbanyak ibadah dengan niat yang bersungguh-sungguh. Hanya di bulan suci Ramadhan kita dapat menjumpai malam Lailatul Qadar, yang merupakan malam mulia yang bernilai lebih baik daripada seribu bulan”. Terang ustadz Sanusi.

 Dalam tausiyahnya Ustadz Sanusi juga menjelaskan beberapa Kriteria orang yang dikatakan sukses pada bulan Ramadhan diantaranya; 1. Orang – orang yang senantiasa melaksanalan ibadah Puasa dan mampu menahan amarah, 2. gemar menyedekahkan sebagian hartanya, (3) mampu memaafkan kesalahan orang lain dan melaksanakan beberapa Ibadah Wajib di bulan Puasa yakni Mengerjakan Qiyamul-Lail, Membaca Al-Quran, Sedekah, Salat Tahajud, Mencari Lailatul Qadar, Dzikir, Doa, dan Istighfar dan Zakat Fitrah.

Adapun Kegiatan tausiyah tersebut diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh ustadz Sanusi, dan dalam kesempatan itu Majelis Ta’lim Kemenkumham Papua Barat selaku Panitia Penaksana kegiatan juga menyumbangkan bantuannya berupa uang senilai Rp. 1.5 Juta kepada Pesantren Hidayahtullah Anday Manokwari yang diserahkan langsung oleh Kakanwil dan diterima melalui Ustad Sanusi selaku salah satu pengurus di pemsantren tersebut, walaupun tidak banyak diharapkan bantuan tersebut dapat sedikit membantu para santri-santri di pemsantren Pesantren Hidayahtullah Anday Manokwari di minggu trakhir bulan suci Ramadhan ini.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

Cetak