HINGGA MEMASUKI MINGGU KETIGA, CPNS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT TERLIHAT GIGIH MENGIKUTI LATSAR

1

Manokwari (25/05/2021) - Tidak terasa sudah kurang lebih tiga minggu lamanya, delapan (8] orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat telah mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) secara virtual via zoom yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Sulawesi Utara.

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dalam Pasal 34 Ayat (1) sampai (5) yang diperuntukan bagi CPNS agar dapat diangkat dan dilantik menjadi PNS, seakan menjadi magnet tersendiri bagi para CPNS ini untuk mengikuti latsar dengan baik.

Sariman, salah satu CPNS Kanwil Kemenkumham Papua Barat, ketika dimintai keterangan soal kendala yang ditemui selama mengikuti latsar virtual ini mengungkapkan bahwa dirinya dan teman-teman CPNS yang lain tidak menemui kendala yang cukup berarti.

Hanya saja, mereka (CPNS) seringkali terkendala dengan koneksi jaringan internet yang kurang stabil sehingga ketika hendak mengerjakan soal, kuis dan evaluasi akademik yang diberikan dari widyaswara (pemateri) melalui media e-learning menjadi terganggu dan terhambat.

"Kendala yang sering kita (CPNS) hadapi yaitu kadang koneksi internet yang kurang stabil sehingga ada beberapa kesempatan kita tertinggal materi dan harus menyusun kembali materinya. Namun, meski sempat terkendala jaringan internet, tidak menyurutkan semangat kami untuk mengikuti latsar dengan baik", ungkap Sariman.

Melihat kegigihan dan semangat yang tinggi dari para CPNS, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Kepegawaian, TU dan RT, Dwi Kristika Rohana berharap dengan pemahaman yang dimiliki selama mengikuti latsar, kiranya mereka (CPNS) dapat memberikan pengaruh yang signifikan bagi tusi Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

"Semoga mereka (CPNS) bisa memahami tugas dan fungsi di organisasi dan lebih mampu untuk bisa membuat organisasi lebih baik, lebih maju dengan semua pemahaman selama mereka mengikuti latsar dan bisa mengaplikasikannya dimana mereka ditempatkan sesuai dengan tupoksinya masing-masing", harap Dwi.

Semenjak dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K, M.H pada tanggal 21 April 2021 secara virtual, sesuai jadwal yang diterima hingga hari ini (Selasa, 25/05) kegiatan Latsar telah memasuki Rancangan Aktualisasi yaitu sebuah proses perencanaan strategis yang berawal dari pemecahan masalah atau isu-isu strategis pada masing-masing unit kerja atau organisasi bagi peserta Latsar CPNS.

Sesuai dengan persetujuan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 1649/D.3/PDP.03.05 tanggal 23 Maret 2021 tentang Penyelenggaran Pelatihan Dasar CPNS, selama 70 hari CPNS Kanwil Papua Barat bersama CPNS dari Kanwil lainnya akan menempuh latsar yang dikemas kedalam beberapa tahapan pelatihan/pembelajaran jarak jauh dalam kondisi darurat Pandemi Covid-19.

Adapun tahapan-tahapan latsar yang tertuang didalam Surat LAN Nomor 1649/D.3/PDP.03.05 tanggal 23 Maret 2021 tentang Penyelenggaran Pelatihan Dasar CPNS yang dimaksudkan yaitu Pembelajaran Online (Sistem E-Learning) dengan durasi waktu 35 hari, Aktualisasi dan Habituasi selama 30 hari serta Ujian selama 5 hari.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

3

4

6

7

8

9

10

11

12

13

WhatsApp Image 2021 05 25 at 20.16.21

14

Cetak