KANTOR IMIGRASI MANOKWARI SOSIALISASIKAN APOA KEPADA PEMILIK USAHA PENGINAPAN

WhatsApp Image 2021 06 17 at 17.37.38

 

Manokwari- bertempat di Aula II kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Kepala Divisi Keimigrasian, A. Pallawarukka membuka  Kegiatan Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing  (APOA) Berbasis QR Code dalam rangka tugas dan fungsi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamokwaei, Kamis (17/06)

Kegiatan diawali dengan laporan dari ketua panitia, Aaron Nicky Santosa. Dalam laporannya disebutkan bahwa pelaksana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan  kerjasama dan koordinasi antara instansi pemerintah dengan pihak pengusaha/pengelola/penyedia penginapan dalam usaha melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan aktivitas Warga Negara Asing (WNA) di wilayah kabupaten     Manokwari. Selain  itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk menginventarisasi permasalahan dalam pengawasan orang asing untuk mendeteksi dini dan antisipasi terhadap potensi pelanggaran yang dilakukan orang asing yang dapat mengangu ketertiban di masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Divisi Keimigra, A. Pallawarukka yang sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing dipagi hari ini.

Seusai Kepala Divisi Keimigrasian menyampaikan sambutannya, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan metode paparan oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Buono Adi Sucipto. Setelah pemaparan materi sosialisasi dilanjutkan dengan implementasi secara teknis penggunaan aplikasi pelaporan orang asing (APOA) dimulai dengan registrasi akun peserta dan cara melaporakan data Orang Asing pada aplikasi tersebut.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian sertifikat Ucapan Terima Kasih kepada para peserta undangan sebagai bentuk partisipasi keikutsertaan dalam Sosialisasi APOA dan dukungannya untuk berperan aktif dalam hal pelaporan keberadaan Orang Asing terkhusus di Manokwari.

 

WhatsApp Image 2021 06 17 at 17.37.36WhatsApp Image 2021 06 17 at 17.37.36

WhatsApp Image 2021 06 17 at 17.37.37

WhatsApp Image 2021 06 17 at 17.37.37


Cetak   E-mail