WUJUDKAN PENYEBARLUASAN INFORMASI KEIMIGRASIAN, DIVISI IMIGRASI KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT GELAR "BEST PRACTICE MEMBUAT PODCAST"

1

Manokwari (06/07/2021) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat melalui Divisi Keimigrasian, pagi tadi baru saja menggelar kegiatan Pelaksanaan Persiapan Pengelolaan Penyebaran Informasi Keimigrasian dengan mengusung materi "Best Practice membuat Podcast'.

Jalannya kegiatan diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan kegiatan yang disampaikan oleh Kabid Inteldakim (Buono Adi Sucipto) selaku moderator yaitu untuk menambah pengetahuan dalam penyebaran informasi keimigrasian melalui pembuatan Podcast.

Dilaksanakan secara virtual via zoom, kegiatan ini menghadirkan Kabid TIK Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Sam Fernando sebagai Narasumber.

Adapun beberapa hal yang disampaikan oleh Narasumber kepada peserta yang terhubung secara virtual yakni langkah-langkah yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan podcast yang informatif dan menarik.

Dibandingkan dengan media lain dalam penyebarluasan informasi, beliau mengatakan bahwa podcast memiliki beberapa keuntungan tersendiri seperti tidak terikat pada satu topik pembahasan tertentu ketika hendak membuat siaran podcast misalnya kategori komedi, musik, film, politik, ataupun figur publik dan lain sebagainya

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa podcast dapat mendengarkan siaran tanpa batasan waktu dan tempat penyebaran informasi yang tepat untuk dilakukan pada masa pandemi.

Tidak lupa, dirinya juga membagikan beberapa tips kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat tentang cara membuat sebuah rekaman audio yang baik, diantaranya menentukan topik, mempersiapkan alat, menyusun konten, melakukan proses editing serta melakukan proses rilis konten.

Diakhir penyampain materinya, beliau berpesan kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat melalui Divisi Keimigrasian untuk selalu mengedepankan kearifan lokal pada masing-masing wilayah dalam upaya memperluas informasi terkait keimigrasian kepada masyarakat.

Sehabis penyampaian materi dari narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab/diskusi antara peserta dan narasumber. Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Pejabat Struktural dan staf Divisi Keimigrasian dan Humas Kanwil Papua Barat, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2


Cetak   E-mail