KAKANWIL SERTA JAJARAN KEMENKUMHAM PABAR IKUTI SOSIALISASI & PENDAMPINGAN TEKNIS PELAKSANAAN PMPI

SOSIALISASI PMPI

Manokwari, (06/07/2021) – Kegiatan Sosialisasi sekaligus Pendampingan Teknik Penilaian Mandiri Persepsi Integritas (PMPI) di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham) Tahun 2021 secara Virtual yang digelar oleh Inspektorat Jenderal Kemenkumham siang tadi turut diikuti juga oleh jajaran Kemenkumham di Kantor Wilayah (Kanwil) Papua Barat.

Turut hadir secara terpisah via Zoom meeting yakni Kepala Kantor Wilayah, Slamet Prihantara, Kepala Divisi Administrasi, Piet Bukorsyom juga Kepala Bagian Program dan Humas, Syaaltiel Biantong, serta para pejabat dan pegawai Kanwil maupun UPT Kemenkumham Papua Barat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Itjen tersebut dibuka oleh Plh. Sekretaris Itjen, Khairuddin. Dalam sambutan dan arahan nya, Khairuddin menyampaikan beberapa hal terkait tujuan dan juga harapannya dalam pelaksanaan kegiatan sosialiasasi kepada seluruh peserta yang hadir secara virtual.

Adapun tujuan dilakukannya Sosialisasi sekaligus Pendampingan PMPI dijelaskan oleh Khairuddin bahwa kegiatan ini tujuannya ialah memberikan panduan kepada satuan kerja Kemenkumham untuk dapat mengikuti pelaksanaan PMPI diadakan oleh Itjen secara online melalui laman Website resminya yakni http://www.itjen.kemenkumham.go.id.

"Tujuan kedua adalah PMPI sebagai alat ukur penilaian mandiri integritas, sejalan dengan penilaian SPI oleh KPK, saat ini dalam proses rekapitulasi biodata pegawai dan biodata pengguna layanan," Terang Khairuddin.

Lebih lanjut, Khairuddin menjelaskann bahwa hasil PMPI ini akan menjadi data capaian target salah satu IKU Renstra Kemenkumham dan Perjanjian Kinerja Menkumham tahun 2021 yang akan dituangkan dalam Laporan Kinerja Kemenkumham tahun 2021.

"Kemudian tujuan yang keempat adalah mengidentifikasi area yang rentan KKN serta tindakan lain yang mencederai budaya integritas untuk meningkatkan kepercayaan publik atas kinerja Kemenkumham," Jelas Khairuddin.

Usai penyampaian sambutan juga beberapa hal terkait pelaksanaan PMPI oleh Plh. Sekretaris Itjen, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait pelaksanaan PMPI oleh Kepala Bagian Program, Humas, dan Pelaporan Itjen, Nanih Kusnani. Dalam pemaparannya Nani menjelaskan berbagai hal lebih mendalam terkait dengan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Selain pemaparan materi serta penjelasan teknis dari pemateri, kegiatan yang dilakukan secara Virtual tersebut juga dilakukan dengan diskusi tanya jawab terkait PMPI.

Dengan terlaksananya kegiatan Sosialisasi sekaligus Pendampingan Teknik PMPI ini Khairuddin berharap PMPI dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. ia juga berharap hasil sosialisasi ini dapat segera dinformasikan kepada seluruh pegawai sebagai responden PMPI internal dan kepada pengguna layanan sebagai responden eksternal untuk mengisi PMPI dan memantau jumlah respondennya.

"Hasil PMPI akan menjadi data pembanding dengan hasil SPI KPK yang selanjutnya dituangkan dalam Laporan Kinerja Kemenkumham tahun 2021 dalam BAB Capaian Kinerja selanjutnya LKJ akan menjadi bahan informasi dalam evaluasi AKIP, WBK/WBBM, RB, MR, SPIP, dan lainnya," Pungkas Khairuddin, Plh. Sekretaris Itjen.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa Inspiratif, Santun dan Amanah)


Cetak   E-mail